Workshop “Tentang Kita” BKKBN Jambi Tingkatkan Pengetahuan dan Karakter Remaja

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jambi Gelar Workshop tentang kita yang berlangsung di Hotel Yellow, Jumat (25/03/22).

Rangkaian kegiatan Workshop “Tentang Kita” bagi Pengelola PIK Remaja TK Provinsi Jambi ini telah dilaksanakan dari tanggal 22 – 25 Maret 2022 dengan peserta yang berasal dari seluruh PIK Remaja yang ada di Provinsi Jambi yang dibagi dengan 3 segmentasi usia yakni 10 – 14 tahun (modul berani).

Segmentasi usia 15-19 tahun (modul beraksi) dan segmentasi usia 20-24 tahun (modul berkolaborasi), dimana kegiatan ini dipandu serta didampingi oleh oleh Tim Fasilitator Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dan Tim Fasilitator Representative Forum GenRe.

Koordinator Bidang KS/PK, Dra. Sri Banun Saragih sangat mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan workshop ini, karena pada setiap proses tahapan pembangunan Modul “Tentang Kita” ini melibatkan representasi remaja dari berbagai segmentasi usia.

Program Tentang Kita merupakan salah satu revitalisasi program GenRe yang dikembangkan dalam upaya penguatan peran pendidik sebaya dan konselor sebaya di PIK Remaja.

“Modul ‘Tentang Kita’ dengan substansi-substansi materi kesehatan reproduksi, gizi serta perencanaan masa depan diharapkan mampu digunakan oleh pengelola program PIK Remaja dalam Pembinaan remaja di Kelompok PIK Remaja masing-masing” ungkapnya.

Sedangkan kata dia, salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan Pro PN yakni melaksanakan konseling dan edukasi mengenai Kesehatan Reproduksi serta perencanaan masa depan dimana salah satunya melalui Workshop “Tentang Kita”.

“Karena melalui workshop ini dapat menjadi wadah diskusi untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) dan kesehatan reproduksi melalui peran pendidik sebaya di PIK Remaja dengan menyampaikan substansi materi tentang remaja itu sendiri (tubuh, perasaan, masa depan dan kehidupan),”katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh pengelola program bina ketahanan remaja termasuk juga para pengelola PIK Remaja di setiap Kabupaten/Kota, agar dapat selanjutnya mengoptimalkan pelaksanaan Workshop Tingkat Provinsi ini di Kabupaten/Kota masing-masing dan mengimplementasikannya ke masyarakat khususnya remaja agar tepat sasaran.

“Dalam penyampaian materi workshop ini dikemas dengan modul interaksi dan berkolaborasi yang dalam bentuk kegiatannya dibalut dengan games atau permainan, diskusi asyik, praktek konseling dan sharing pengalaman,”ujar Sri

Sehingga dengan demikian pelaksanaan Workshop “Tentang Kita” bagi Pengelola PIK Remaja Tk. Provinsi telah Tuntas dilaksanakan di Provinsi Jambi.
Sebagai penutup kegiatan Workshop.

“Tentang Kita ini, seluruh peserta kegiatan yang berasal dari perwakilan PIK Remaja se-Provinsi Jambi menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah dan turut serta dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia,”katanya.