Promosikan UMKM, BKKBN Jambi Partisipasi Dalam Virtual EXPO UPPKA Dalam Rangka Harganas ke 29 Tahun 2022


Jambi, 10 Juni 2022. Perkembangan kasus Covid-19 yang mulai terkendali, sejalan dengan mulai bangkitnya pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu sektor yang berperan penting dalam proses pemulihan ekonomi adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menurut data Kementrian Keuangan, Kontribusi UMKM tercatat mencapai kisaran 61 persen terhadap PDB nasional dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

Salah satu strategi Pemerintah dalam mengembangkan UMKM agar naik kelas yaitu melalui peningkatan akses promosi dan pemasaran melalui pemasaran digital. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebagai upaya menggiatkan promosi dan pemasaran produk kelompok UPPKA secara online serta dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, BKKBN melaksanakan kegiatan Virtual Expo UPPKA dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-29 Tahun 2022, dengan rangkaian kegiatan yaitu talkshow/workshop, live selling, pameran virtual produk UPPKA, dan podcast kewirausahaan.

Untuk provinsi Jambi, ada 3 (tiga) kelompok UPPKA yang ikut serta dalam kegiatan live selling, yaitu Kelompok UPPKA Cempaka Kelurahan Teratai Kec. Muara Bulian Kabupaten Batanghari, Kelompok UPPKA Berkah Aneka Desa Parit Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi dan Kelompok UPPKA Berkah Kelurahan Beringin Kecamatan Pasar Kota Jambi. Dalam kesempatan tersebut setiap kelompok UPPKA menjelaskan deskripsi produk, harga produk, bagaimana mereka berproduksi, berbagi pengalaman dan inspirasi di dunia digital dan spesial promo yang diberikan.

Lewat Virtual Expo UPPKA yang dilaksanakan, diharapkan dapat menjadi media efektif dalam mempromosikan dan meningkatkan penjualan hasil produksi kelompok UPPKA. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan kelompok UPPKA untuk tetap berproduksi dan bisa bersaing dengan UMKM lainnya secara berkesinambungan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. (rdj)