Perkuat Kelompok UPPKA, BKKBN Jambi Silaturahmi Ke Disperindag Dan Dinas Koperasi dan UKM

Perwakilan BKKBN Jambi, melalui Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) beserta jajaran melakukan bersilaturahmi ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, (Rabu, 19 Januari 2022). Kunjungan ini dalam rangka Koordinasi Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga guna fasilitasi dan dukungan bagi kelompok UPPKA serta diskusi terkait kepengurusan Badan Pengurus Daerah Andalan Kelompok UPPKS/A  (BPD AKU) Provinsi Jambi.

Dalam kunjungannya ke Disperindag Provinsi Jambi, Koordinator Bidang KSPK bersama Sub Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) disambut langsung oleh Ibu Afliana ST, Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Industri , bertempat di ruang Bidang Sarpras dan Pemberdayaan Industri. Menurut Ibu Ina (sapaan akrab Afliana), informasi baik untuk tahun 2022 setiap pengadaan di Pemerintah harus melibatkan 40% dari UMKM yang masuk dalam E katalog LKPP. Bidang yang di bawahi oleh Ibu Ina fokus ke pemberdayaan Industri kecil.

Saat ini, kata Ina banyak swasta yang mulai menjajaki kerjasama dengan Disperindag, salah satunya dengan penyedia Aplikasi Grab yang menjajaki kerjasama kurir pesanan UMKM melalui Aplikasi Belanja.Com. “Selain Grab, perusahaan lainnya seperti Yamaha sudah bersedia bekerjasama yaitu dengan menggelar galeri UKM disetiap Dealer mereka. Untuk program bantuan pemerintah kedepannya diberikan kepada pelaku usaha yang memiliki NIB karena program kementrian perindustrian terintegrasi dengan NIB”. ungkap Ina. Dirinya menambahkan, anggaran Disperindag Provinsi yang bersumber dari APBN fokus kepada bantuan perizinan, sertifikasi halal dan standar higienis. Disperindag juga berkomitmen siap bersama-sama mengurus pelaku usaha di Provinsi Jambi, melalui wadah Badan Pengurus Daerah Andalan Kelompok UPPKA (BPD AKU).

Kunjungan dilanjutkan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, disambut secara langsung Bapak Taufik, Kabid Perizinan, Kewirausahaan dan Promosi UKM, bertempat di Ruang Bidang PKP UKM. Dalam pertemuan tersebut, Dinas Koperasi dan UKM sangat senang dengan banyaknya instansi yang mengurusi UMKM, dan bersama-sama mengajak untuk terus mengembangkan sektor UKM khususnya di wilayah Provinsi Jambi.  “Pada prinsipnya kami akan membantu BKKBN Jambi dalam membantu UPPKA sebagai binaan BKKBN dan bersedia membantu dalam pembinaan kelompok UPPKA dalam wadah BPD AKU” Jelas Taufik.

Dinas Koperasi dan UKM juga merekomendasikan Balitbangda Provinsi Jambi, Kemenag dan BPOM untuk ikut juga terlibat dalam kepengurusan di BPD AKU, karena Balitbangda tersebut sebagai Koordinator UKM tingkat Provinsi Jambi. Koordinator Bidang KSPK, Dra Sri Banun Saragih mengucapkan terima kasih atas tanggapan yang diberikan dan berharap kerjasama ini bisa ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan yang nyata khususnya dalam membantu pemasaran produk UPPKA.