Peringati Hari Kependudukan Dunia, BKKBN Gelar Perlombaan

Memperingati Hari Kependudukan Dunia yang tepat pada tanggal 11 Juli yang lalu, sejumlah lembaga/instansi menyelenggarakan web seminar atau pertemuan virtual sejenisnya. Tak mau kalah, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melalui Bidang Pengendalian Penduduk ikut serta dengan menggelar perlombaan. Adapun lomba yang menyasar kepada generasi muda ini yaitu lomba pidato spesial kependudukan dan lomba konten kreatif.

Perlombaan tersebut digelar dengan tujuan meningkatkan peran serta masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu-isu dan fenomena kependudukan yang terjadi saat ini. Lebih jelas lagi, untuk lomba pidato kependudukan diselenggarakan untuk menumbuhkan minat dan kemauan para remaja dan generasi muda untuk menjadi motivator muda yang peduli terhadap kondisi kependudukan Indonesia. Sedangkan lomba konten kreatif diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat yang peduli terhadap kondisi kependudukan Indonesia sehingga dapat meminimalisir dampak kependudukan.

Lomba pidato spesial kependudukan mengusung tema “Generasi Muda berkualitas di Era Bonus Demografi.” Peserta lomba yang merupakan siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Provinsi Jambi diberikan kesempatan selama 3 sampai 5 menit untuk mempresentasikan pidato dan direkam dalam format video. Selanjutnya peserta memposting rekaman tersebut melalui instragram pribadi dan mentag akun BKKBN Jambi, Genre Jambi dan Genre Indonesia.

Sama dengan lomba pidato, untuk lomba konten kreatif juga menyasar kepada remaja atau generasi muda. Akan tetapi peserta dibebaskan untuk memilih konten yang sesuai dengan keinginannya, seperti vlog, komik, videografis dan lainnya. Yang menjadi prioritas penilaian pada lomba ini yaitu konten yang diikutkan harus mengenai dampak jumlah penduduk yang tidak terkendali dengan aspek pilihan ekonomi, sosial, ataupun politik.

Panitia penyelenggara dalam hal ini BKKBN Jambimempersiapkan reward bagi pemenang kedua lomba tersebut yang memenuhi kriteria penilaian, diantaranya orisinalitas, konten, sistematika penyampaian, ekspresi, dan akurasi waktu.

Peringatan Hari Kependudukan Dunia sendiri, pada tahun ini mengangkat tema “Dampak Covid-19 Terhadap Keluarga Berencana, Kesehatan Ibu, dan Kekerasan Berbasis Gender.” Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 11 Juli sebagai Hari Kependudukan Dunia sebagai bentuk perhatian besar masyarakat pada peringatan “Hari Lima Miliar” pada tahun 1987. Sejak saat itu populasi penduduk dunia makin meningkat dan berdampak pada meningkatnya permasalahan kependudukan. (adh).