PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL BKKBN PROVINSI JAMBI

Keluarga merupakan unit terkecil yang memberikan dampak yang besar bagi pembangunan sebuah negara, karena didalam keluarga terdapat generasi penerus bangsa yang nantinya menjadi aktor atau agen perubahan di masa mendatang. Negara yang kokoh diciptakan dari keluarga yang kokoh, jika lingkup terkecil (keluarga) saja tidak kuat maka dapat dipastikan pembangunan yang lebih besar tidak akan tercipta. Semua berawal dan berakhir dari unsur yang bernama keluarga. Maka keluarga sangatlah penting untuk diperhatikan kualitasnya sehingga dapat memberikan dampak yang positif terhadap bangsa.


Adapun sejarah hari keluarga nasional dilandasi dari kembalinya para pejuang kepada keluarganya pada tanggal 29 Juni 1949 yang sebelumnya pada tanggal 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Harganas pun mendapat legalitas melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014, pada tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional.
Hari keluarga nasional (Harganas) ke-29 tahun ini mengangkat tema “Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting”. Stunting merupakan permasalahan yang cukup serius dalam mempengaruhi kualitas keluarga. Harganas secara nasional diperingati di Kota Medan, Sumatera Utara dan dimeriahkan disetiap Provinsi. Adapun kemeriahan peringatan harganas ke-29 di Provinsi Jambi dilaksanakan di lapangan BKKBN Provinsi Jambi dan dihadiri langsung oleh Ibu Gubernur Jambi sekaligus sekalu Ketua TP-PKK Provinsi Jambi dan Dandim yang sebelumnya telah dilantik menjadi Bapak Asuh Stunting.
Kamis (30/6)
Selain itu acara harganas juga dihadiri dari berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan, Bulog, Dandim, serta OPD-KB Kab/Kota dan mitra-mitra BKKBN. Hari keluarga nasional menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk sama-sama menyadari bahwa keluarga merupakan unit terkecil yang penting yang melahirkan generasi emas. Acara harganas diawali dengan senam pagi bersama, diikuti oleh semua peserta acara.

Berdasarkan tema tahun ini pesan dari Ibu Hesnidar Haris menyampaikan tentang betapa pentingnya saat ini dalam pencegahan stunting tidak hanya pada asupan yang bergizi tapi juga dengan tubuh yang kuat seperti yang telah dilakukan pada awal acara yaitu dengan senam. Apabila tubuh kuat dan didukung dengan makanan yang bergizi, dan lingkungan yang bersih maka penurunan stunting dapat terwujud. Pak Yudi selaku Sekretaris Badan BKKBN menambahkan bahwasanya optimalkan dan jalankan 8 fungsi keluarga untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Seremonial peringatan acara harganas ke-29 di Provinsi Jambi dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh lintas instansi. Kemudian acara dilanjutkan dengan kemeriahan berbagai lomba dan apresiasi kepada mitra BKKBN. Adapun perlombaan dapat dikuti oleh semua peserta acara. Keseruan lomba membuat silaturahmi antar mitra menjadi lebih erat. GenRe juga ikut berpartisipasi dalam perlombaan dan mendominasi menjadi juara. Ada banyak doorprize dan hadiah dari sponsor bagi peserta yang juara dan memenangkan kupon yang telah diberikan sebelumnya. Dengan suasana santai dan kekeluargaan dapat menciptakan suasana yang harmonis, peringatan acara harganas ke-29 di Provinsi Jambi berjalan dengan lancar dan sukses. (PS)