PERATURAN BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 27 TAHUN 2020 TENTANG PETUNJUK OPERASIONAL PENGGUNAAN DANA ALOKASI KHUSUS FISIK SUBBIDANG KELUARGA BERENCANA TAHUN ANGGARAN 2021

Penetapan : 30 Desember 2020

Dasar Pertimbangan : untuk melaksanakan ketentuan Pasal 5 ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 123 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik Tahun Anggaran 2021.

Download: Perpres No 123 Tahun 2020

Dalam Perban ini berisikan tentang:

Secara umum maksud pemberian DAK Fisik Subbidang Keluarga Berencana untuk mendukung tercapainya sasaran prioritas program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dalam mendukung penurunan TFR menjadi 2,1 pada akhir tahun 2024.

TUJUAN

  1. meningkatkan akses dan pelayanan KB yang merata dan berkualitas;
  2. meningkatkan capaian peserta KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP);
  3. meningkatnya peran serta keluarga dan masyarakat dalam program Bangga Kencana di lini lapangan;
  4. meningkatkan pemanfatan data dan informasi Program Bangga Kencana di wilayah kecamatan untuk perencanan pembangunan semua bidang pembangunan;
  5. menurunkan prevalensi stunting melalui peningkatan pemahaman pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi ibu hamil dan keluarga yang memiliki baduta.
  6. Menurunkan prevalensi stunting melalui peningkatan pemahaman kesehatan reproduksi dan gizi pada remaja sebagai calon pasangan yang akan menikah.

SASARAN

OPD kabupaten/kota penerima DAK Fisik Subbidang Keluarga Berencana.

Spesifikasi belanja bahan yang  untuk mencapai sasaran prioritas program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dalam mendukung penurunan TFR menjadi 2,1 pada akhir tahun 2024 juga terdapat pada lampiran perban ini.

Status: aktif

Download : PERBAN 27 JUKOP DAK