Penilaian Lomba Poktan dalam rangka Harganas Ke-29 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022


Kota Jambi, BKKBN Jambi. Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Senin pagi (23/5/2022) melakukan pembinaan dan Apresiasi Lomba Kelompok Kegiatan (Poktan) Tingkat Provinsi Jambi, di Hotel Shang Ratu, Kota Jambi. Sekretaris Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi yang mewakili Kepala BKKBN Provinsi Jambi, Yudi Hendra Musrizal, S.IP, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa BKKBN Jambi melalui program pembangunan keluarga terus menerus melakukan pembinaan. Salah satunya, lanjut Yudi adalah melalui akselerasi program dengan menyelenggarakan apresiasi poktan/setara poktan unggulan, dan keluarga teladan dalam rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022.

Dari 11 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jambi, terdapat 10 Kabupaten/Kota yang mengirimkan utusan pemenangnya. “Kami sangat mengapresiasi kepada kabupaten/kota yang telah mengirimkan peserta unggulannya pada penyelenggaraan apresiasi poktan unggulan tahun 2022 ini. dan kami sangat mengharapkan semua berkompetisi untuk menampilkan versi terbaik dari masing-masing. sehingga kami akan menilai kualitas penyelenggaraan program bangga kencana khususnya penyelenggaraan poktan di lapangan” Ujar Yudi
Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Dewi Asnira Putri, S.TP, MM menjelaskan Tim Penilai Lomba terdiri dari lintas sektor yaitu unsur Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Jambi, TP. PKK Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, Badan Pengurus Daerah Andalan Kelompok UPPKA (BPD AKU) Provinsi Jambi, Forum Genre dan unsur BKKBN Jambi.

Penilaian lomba poktan ini dilaksanakan pada 8 kategori, yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA), Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), Forum Genre dan Keluarga Teladan
Dra. Sri Banun Saragih, mewakili tim penilai menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan saat ini bukan hanya sekedar mencari juara, tetapi juga untuk melakukan pembinaan agar program Bangga Kencana benar-benar dapat berkelanjutan, karena secara teori program ini merupakan salah satu program strategis daerah. Dikatakan, utusan yang mengikuti kegiatan ini mempunyai potensi yang sangat luar biasa, karena merupakan utusan terbaik dari tiap-tiap kabupaten/kota .

“Untuk itu, kegiatan penilaian lomba ketahanan keluarga ini sebagai bentuk ikhtiar kita bersama dalam mewujudkan keluarga yang tangguh serta berkualitas untuk menuju Jambi MANTAP, Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional di Bawah Ridho Allah SWT,” Tambah Sri. (rdj)