PENGUKUHAN TPPS DAN REMBUK STUNTING KABUPATEN TEBO


Tebo – Sebagai bentuk upaya dalam penguatan lintas sektor serta analisis situasi dalam percepatan penurunan stunting maka diselenggarakanlah rembuk stunting sekaligus pengukuhan TPPS Tingkat Kabupaten Tebo. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 pukul 09.00 bertempat Aula Kantor Bakeuda Kabupaten Tebo. Agenda acara yaitu pelaksanaan rembuk stunting (Aksi 3) konvergensi stunting Kabupaten Tebo serta Pengukuhan TPPS Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan. Peserta kegiatan terdiri dari Pemerintah Provinsi Jambi (BKKBN, Satgas Stunting Provinsi Jambi, Bappeda, Dinas Kesehatan), Forkompimda, Organisasi, OPD Kabupaten, Kecamatan, dan Desa.

Pembukaan acara dilakukan oleh Assisten III Bidang Adminstrasi Kabupaten Tebo, yang menyampaikan bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Tebo sangat kuat untuk mendukung Percepatan Penuruan Stunting. Diantara Kabupaten/Kota lainnya, Tebo merupakan 3 besar yang memiliki angka stunting tertinggi di Provinsi Jambi. Oleh sebab itu Pemerintah Tebo menyatakan siap untuk dapat menurukan angka stunting sebesar 20 % pada tahun 2022 dan menjadi 16 % pada tahun 2024.

Narasumber dari kegiatan rembuk stunting terdiri dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Bappeda Provinsi Jambi, serta Sekretaris Daerah Kabupaten Tebo. Bapak Munawar Ibrahim selaku Kepala Perwakilan BKKBN Jambi kembali mengingatkan tentang betapa pentingnya memahami Peraturan Presiden (PerPres) Nomor 72 tahun 2021 sebagai dasar dalam upaya percepatan penurunan stunting. Isu stunting telah menjadi isu nasional yang harus menjadi sorotan agar semua pihak menyadari betapa pentingnya mengatasi permasalahan stunting di Indonesia. Kemudian narasumber lainnya dari Bapedda Provinsi Jambi menyampaikan kebijakan Provinsi Jambi didalam Percepatan Penurunan Stunting dan Penilaian konvergensi Aksi 1 dan aksi 2 dimana untuk pengisian Ansit, Kabupaten Tebo berada diurutan ke 2. Sosialisasi stunting melalui berbagai media dan peningkatan pelayanan Posyandu menjadi catatan penting untuk terlibat bagi semua unsur TPPS yang tercantum didalam SK TPPS.


Dalam kegiatan ini juga dilakukan Pengukuhan TPPS Tingkat Kabupaten, Kecamatan, Keluarahan/Desa. Pengukuhan dipimpin oleh oleh Assisten III Bidang Adminstrasi Kabupaten Tebo, dan disaksikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi. Setelah itu dilakukan pembacaan komitmen untuk Tim TPPS yang dikukuhkan. Komitmen Penurunan stunting ditandatangani oleh semua peserta yang hadir terdiri dari Kepala OPD, Forkompinda, Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa. Kegiatan Pengukuhan TPPS dan rembuk stunting menunjukkan komitmen TPPS Kabupaten Tebo, sehingga kerjasama lintas sektor TPPS diharapkan dapat berkontribusi dalam percepatan penurunan stunting di Provinsi Jambi terkhusus Kabupaten Tebo.(PS)