PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM BERBASIS IT PEGAWAI PERWAKILAN BKKBN PROVINSI JAMBI

Manusia yang berkualitas adalah sumber daya manusia (SDM) yang komprehensif dalam berpikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif dan berwawasan, serta memiliki kemampuan, ketrampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan berbagai bidang tentang program KKBPK.  Sektor pembangunan. sumber daya manusia (SDM) adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan peranannya sebagai makhluk social yang adaptif dan transformative yang mampu mengelola dirinya sendiri serta dapat memberi manfaat bagi lingkungan sekitar pekerjaannya.

Guna meningkatkan kompetensi pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Pelatihan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 6 s.d. 10 Juli 2020 dalam bentuk in house training di Ruang kelas Latbang. Pelatihan yang diikuti oleh 16 peserta perwakilan dari 6 Bidang Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi.  Pelatihan yang diberikan adalah   photography dan penulisan artikel  guna menunjang kegiatan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Provinsi Jambi. Pelatihan pegembangan SDM Provinsi berbasis IT  ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pegawai BKKBN Provinsi Jambi dalam mendokumentasikan dan membuat artikel maupun berita pada setiap momentum kegiatan KKBPK di Provinsi maupun di Kab/Kota se-Provinsi Jambi guna mendukung kelancaran program, pelatihan ini dilakukan di kelas Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi selama lima hari. Tenaga pengajar pelatihan komputer ini berasal dari Dosen STISIP Nurdin Hamza Jambi.

Pelatihan pegembangan SDM Provinsi berbasis IT ini sangat bermanfaat bagi pegawai  perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, terutama dengan program-program dasar photography dan tehnik menulis baik itu tehnik penulisan berita maupun membuat tulisan artikel sebagai informasi program KKBPK  untuk masyarakat maupun informasi bagi karyawan/ti di perwakilan BKKBN Provinsi Jambi sendiri. Para pegawai yang mendapatkan pelatihan ini cukup antusias mengikuti rangkaian materi maupun instruksi-instruksi dari pengajar STISIP Nurdin Hamzah Jambi (Yusnaini, S.E, M.I.Kom dan Noor Khalida Magfirah,S.I.Kom, M.I.Kom). Melalui pelatihan photography dan penulisan artikel ini diharapkan para pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi bisa menjadi pegawai yang berkompetensi, mampu bersaing, melek teknologi, dan dapat mendukung dokumentasi maupun pemberitaan dan penulisan artikel agar program KKBPK di Provinsi Jambi tercapai sesuai dengan yang di harapkan, dan diharapkan juga seluruh peserta pelatihan ini nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat ke lingkungan pekerjaannya. (swr)