PENGELOLAAN PROGRAM BANGGA KENCANA TAHUN 2022


Jambi 22/06/2022 – Dalam rangka meningkatkan Pengelolaan Program Bangga Kencana oleh Penyuluh KB/PLKB, pada tahun 2021 BKKBN mendapatkan penambahan tenaga Penyuluh KB melalui formasi PPPK. Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melakukan sosialisasi dan bimbingan terkait penggunaan aplikasi eVisum sebagai media pencatatan dan pelaporan kinerja serta sosialisasi mengenai Organisasi Profesi Jabatan Fungsional dan Mekanisme Cuti dan Absensi bagi Calon PPPK (CPPPK) melalui Virtual Meeting pada hari rabu, tanggal 22 Juni 2022. Peserta yang hadir sejumlah 82 orang yang terdiri dari PKB dan CPPPK.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Yudi Hendra Musrizal, S.IP., MA. di dalam sambutannya menyampaikan bahwa penambahan tenaga Penyuluh KB PPPK diharapkan dapat mengisi kebutuhan akan kekurangan ABK (Analisis beban Kerja) tenaga kerja lini lapangan di Provinsi Jambi. Harapannya dengan bergabungnya CPPPK ke dalam Organisasi Profesi IPeKB, dapat meningkatkan capaian kinerja Program Bangga Kencana di Provinsi Jambi. CPPPK harus meningkatkan kemampuan serta kedisiplinan untuk menunjang pencapaian kinerjanya.

Selanjutnya sesi materi dilanjutkan oleh Ketua DPD IPeKB Provinsi Jambi Zamri, S.Ag. yang menyampaikan mengenai Organisasi Profesi IPeKB yang dibentuk berdasarkan Permenpan RB No. 21 tahun 2012. Pembentukan Organisasi Profesi Jabatan PKB difasilitasi oleh instansi pembina dan ditetapkan dengan keputusan Kepala BKKBN. Seluruh Penyuluh KB wajib menjadi anggota Organisasi Profesi Jabatan Fungsional Penyuluh KB dimana terdapat syarat-syarat, kewajiban dan hak dari anggota. “Semangat terus bekerja dan berkarya, salam IPeKB, Kerja, Cerdas, Sejahtera.” ujar Zamri.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Materi Penggunaan Aplikasi eVisum Sebagai Media Pencatatan dan Pelaporan Kinerja yang disampaikan oleh PKB Ahli Pertama Asrizul Syafril, S.Kep. Saat ini seluruh PKB dan CPPPK sudah wajib menggunakan eVisum Generasi ke-4 yang terintegrasi dengan SIM SDM. Dalam hal ini OPD KB Kabupaten/Kota berperan dalam melakukan pemantauan/penilaian kinerja petugas lapangan melalui eVisum dengan menyetujui atau menolak kegiatan harian PKB/CPPPK yang dirasa tidak sesuai dengan kinerja di lapangan.

Terakhir Koordinator Bidang Adpin Yuslidar, SP. menyampaikan agar seluruh CPPPK segera bergabung di Organisasi Profesi IPeKB Provinsi Jambi agar mendapatkan informasi dan dapat berbagi pengalaman dan kendala yang dihadapi di lapangan dan CPPPK juga harus dipastikan sudah dapat login eVisum dan menggunakannya untuk pelaporan kinerja dan presensi serta harus melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan PKB dan OPD KB di masing-masing Kabupaten/Kota. (CP)