Pendekatan dan Penggerakan Bulan Pelayanan KB Suntik

Penyuluh Keluarga Berencana bersama petugas lapangan keluarga berencana Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat melakukan advokasi tokoh formal dan koordinasi dengan mitra terkait dalam pelaksanaan bulan pelayanan KB metode suntik Selasa, 2 Maret 2021 bertempat di Kantor Camat Tungkal Ilir, tim melakukan koordinasi upaya meningkatkan cakupan kesertaan KB khususnya metode suntik di Kecamatan Tungkal Ilir.

Pelaksanaan bulan pelayanan KB metode suntik berlangsung selama tiga bulan mulai dari bulan februari, maret dan April tahun 2021 serentak secara nasional. Hal ini mengingat bahwa rekap laporan target pelayanan KB metode suntik pada bulan februari, maret dan April tahun 2021 di Kecamatan Tungkal Ilir diharapkan sesuai dengan target kabupaten Tanjung Jabung Barat. Oleh karena itu penting untuk mendukung pelaksanaan cakupan kesertaan KB khususnya metode suntik baik di faskes pemerintah maupun swasta.

“Akseptor kb suntik di kecamatan Tungkal Ilir ini terbilang banyak di klinik KB swasta, terutama bidan praktek, tentu bidan fasilitas Kesehatan pemerintah untuk dapat juga mendukung dalam menyebarluaskan informasi ini” ujar Koordinator PKB Tungkal Ilir.

Camat Tungkal Ilir yang  diwakilkan oleh sekretaris camat mendukung hal ini, dengan membantu menginformasikan kepada masyarakat agar dapat memperoleh pelayanan KB suntik di klinik KB terdekat. Selain itu, tenaga medis di fasilitas Kesehatan pemerintah juga bersedia membantu dalam melaporkan pelayanan KB suntik di klinik KB masing-masing.

Bukan hanya pelayanan KB suntik, tapi metode kontrasepsi lainnya tentu juga dilayani. Karena tujuan dari bulan pelayanan KB metode suntik ini adalah meningkatkan cakupan peserta KB melalui penyediaan alat dan obat kontrasepsi yang dibutuhkan masyarakat terutama pasangan usia subur pada kondisi adaptasi baru. Diharapkan peserta kb baru maupun peserta kb aktif atau ulangan kb suntik dapat segera mendapatkan pelayanan kb. (rffs)