Pembaharuan Surat Keputusan Pusat Informasi dan Konseling Remaja berbasis Pendidikan

Kamis, 21/01/2021 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kepada Kepala SMPN 01 Kuala Tungkal dan Ketua  PIK-R SMP 1 Kecamatan Tungkal Ilir, telah dilakukan pendekatan dan penggerakan dalam mengaktifkan kelompok kegiatan pusat informasi dan konseling remaja berbasis pendidikan di Kecamatan Tungkal Ilir.

Pengurus PIK-R merupakan remaja dalam wadah pendekatan program GenRe (generasi berencana) pada remaja. Remaja GenRe pada PIK R menjadi rolemodel bagi remaja lainnya dalam mengatasi permasalahan kehidupan pada remaja.

Diharapkan dengan pembaharuan SK PIK-R SMP1 tiap tahunnya, dapat mengoptimalkan pelayanan informasi dan konseling kepada remaja berbasis pendidikan, sehingga menciptakan generasi berencana sejak dini di bangku sekolah, ujar PLKB Kecamatan Tungkal Ilir.

Tentu dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK Remaja perlu dikembangkan suatu kegiatan yang memacu kelompok-kelompok tersebut untuk lebih maju dan mandiri. Sehingga kelompok kegiatan PIK Remaja menjadi unggulan agar lebih mapan dan memiliki fungsi tambahan sebagai model, tempat rujukan bagi organisasi remaja lainnya terutama berhubungan dengan kesehatan reproduksi remaja, penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja,  keterampilan hidup, kependudukan dan pembangunan keluarga. (rffs)