PELAYANAN KB DAN IVA TEST GRATIS BAGI MASYARAKAT

Kota Jambi – BKKBN Online: Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) Kota Jambi bekerjasama dengan Puskesmas Paal V Kota Jambi melakukan pelayanan KB gratis di Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi pada Kamis 4 Juli 2019. Selain pelayanan KB gratis, juga dilakukan pelayanan IVA Test. Dr. Nadiyah, S.POG, isteri wakil walikota terjun langsung dalam pelayanan ini.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pelayanan IVA test untuk deteksi dini kanker serviks dan pelayanan KB gratis untuk masyatakat di kampung KB Purwosari khususnya serta masyarakat Kelurahan Kenali Asam Bawah pada umumnya

Sebanyak 30 PUS melakukan IVA test dan beberapa minta dilayani KB dengan hasil pelayanan Implant 1, Suntik 1, kondom 1 dan pil 1.

Seiring dengan hal tersebut juga dilakukan penilaian terpadu Posyandu berprestasi, dimana salah satu kriterianya adalah posyandu yang memiliki kegiatan integratif dengan kelompok BKB dan juga PAUD. Posyandu Beringin yang berada di Kelurahan Kenali Asam Bawah merupakan salah satu posyandu yang dianggap layak untuk mewakili Kota Jambi di Tingkat Provinsi.

Hal tersebut dikarenakan posyandu beringin telah terintegrasi dengan BKB dan juga PAUD. Posyandu sebagai ujung tombak kesehatan ibu dan anak telah berhasil menyelenggarakan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak, kemudian tujuan lomba tersebut untuk meningkatkan kunjungan balita di posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan kader posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan.(RZ)