MINI LOKAKARYA STUNTING KECAMATAN MANDIANGIN SAROLANGUN


Sarolangun – Dalam rangka percepatan penurunan stunting maka semua lapisan pemerintahan bergerak dan berupaya dalam menurunkan angka stunting. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggelar mini lokakarya stunting tingkat kecamatan. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sarolangun bersama fasilitator lainnya menggelar mini lokakarya stunting tingkat kecamatan. Mini lokakarya stunting di Kecamatan Mandiangin dilaksanakan di Aula Kantor Camat Kecamatan Mandiangin pada hari senin tanggal 25 Juli 2022 pukul 08.00 WIB.

Peserta mini lokakarya stunting berjumlah dari 32 orang. Peserta terdiri dari Perwakilan Tim Pendamping Keluarga (TPK), Perwakilan TPPS Desa, Kepala Puskesmas, Admin Satpel PPKB tingkat kecamatan, Pengurus KUA Kecamatan, serta Technical Assistant Satgas Stunting Kabupaten Sarolangun & Batanghari.

Tujuan dari adanya mini lokakarya adalah untuk melaksanakan percepatan penurunan stunting melalui peran aktif koordinasi dan kerjasama dari lintas sektor, dalam hal ini Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat Kecamatan sekaligus sebagai upaya aksi konvergensi. Mini lokakarya juga termasuk dalam tematik wajib dalam upaya percepatan penurunan stunting yang dirancang oleh pusat.


Adapun fasilitator kegiatan mini lokakarya yaitu dari Kepala Bidang PPPP DPPKB Kabupaten Sarolangun, Kepala Bidang KKK DPPKB Kabupaten Sarolangun, Danramil, Kapolsek, TA Satgas Stunting.

Pembahasan mini lokakarya diantaranya yaitu Evaluasi kegiatan pendampingan dan pengumpulan data yang dilakukan oleh TPK, Evaluasi kegiatan yang dilakukan oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan dan Desa, serta juga dilakukan diskusi kegiatan Percepatan Penurunan Stunting yang dilakukan di Desa. Luaran dari kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kepedulian khususnya kepada aktor yang berperan langsung kepada masyarakat terkait dengan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. (PS)