INI RANGKAIAN PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL KE-29 PROVINSI JAMBI

JAMBI, bkkbnjambi – Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-29 dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Puncak peringatan HARGANAS ke-29 digelar pada Kamis, 7 Juli 2022 dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara. Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi menekankan pentingnya ketahanan pangan bagi masyarakat dalam rangka mendukung pencegahan stunting. Jokowi menyebut salah satu cara menekan stunting dengan pemenuhan gizi pada anak secara baik. “Anak-anak kita hari ini adalah penentu wajahnya masa depan Indonesia. Kalau anak-anak kita pintar dan cerdas kita bersaing dengan negara lain itu mudah. Tapi kalau anak kita stunting, gizinya enggak baik, nutrisinya enggak tercukupi nanti ke depan bersaing dengan negara-negara lain akan sangat kesulitan kita,” kata Jokowi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) yang diikuti oleh Gubernur dan Bupati/Walikota Seluruh Indonesia. Gubernur Provinsi Jambi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H. Sudirman, turut menyaksikan kegiatan tersebut bersama Forkompimda, Kepala Dinas/Instansi Lingkup Pemerintahan Provinsi Jambi, Pimpinan Perguruan Tinggi, Mitra Kerja dan Jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Dalam arahannya, Sudirman sangat mengapresiasi kepada seluruh komponen dalam mempersiapkan kegiatan HARGANAS ke-29 di Provinsi Jambi, pemerintah Provinsi Jambi mendukung penuh kegiatan dari BKKBN dalam penurunan stunting. “Jika kita bergerak mengkampanyekan apa itu stunting di setiap kabupaten/kota maka masyarakat akan lebih peduli dan angka stunting pelan-pelan bisa turun. Ini perlu kolaborasi semua pihak agar angka stunting terus turun,” ujarnya.

Dalam laporannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, yang diwakili Sekretaris Badan, Yudi Hendra Musrizal, S.IP, MA menyampaikan penyelenggaraan HARGANAS ke-29 tahun 2022 mengusung tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”, tema ini diusung sebagai suatu ajakan bagi seluruh unsur masyarakat untuk peduli dan bergotong royong membantu keluarga beresiko stunting agar terbebas dari stunting itu sendiri.

Dalam menyemarakkan rangkaian HARGANAS tahun ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi bersama Pemerintah Daerah dan mitra kerja telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain Bapak Asuh Anak Stunting bagi keluarga 1000 HPK, Sepekan bersama ELSIMIL (Elektronik Siap Nikah Dan Hamil), Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA), semarak kampung keluarga berkualitas dan pemberian penghargaan dan lomba bangga kencana tingkat Provinsi Jambi. Selain itu pada tanggal 30 Juni 2022 yang lalu, bertempat di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi diadakan Senam Bersama dan Tasyakuran dalam Rangka HARGANAS Ke-29 Tingkat Provinsi Jambi yang turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj. Hesnidar Haris, SE. (rdj)