Diskusi Bareng Livestreaming Facebook Petugas Lapangan Lawan COVID-19

Dalam kondisi pandemi COVID-19 ketika para pekerja kantoran melaksanakan WFH (Work From Home), justru PKB/ PLKB tetap giat bekerja WFO (Work From Office). Meskipun tidak seefektif hari biasa untuk bekerja di lapangan, PKB/PLKB tetap harus stay di Balai Penyuluh KB jika ada kader atau bahkan calon akseptor menanyakan tentang program Banggakencana. Untuk itu dalam mengisi kegiatan di Balai Penyuluh KB Tungkal Ilir Jum’at, 15 Mei 2020 PKB dan PLKB Kecamatan Tungkal Ilir dan Seberang Kota Tungkal melaksanakan diskusi bareng live streaming di Facebook Group “Petugas Lapangan Lawan COVID-19” dengan judul “Layanan KB di masa Pandemi Covid -19”.
Saat kegiatan diskusi berlangsung penyuluh KB tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Kegiatan diskusi facebook petugas lapangan lawan COVID-19 dilaksanakan hampir 2 jam yang dinarasumberkan langsung oleh Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi/KBKR BKKBN, Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan, Ketua IBI, PKB Jawa Timur/ Bidan, PKB Jawa Barat/ Dokter serta dimoderatori oleh PKB dari Ternate, Maluku Utara.

Diskusi facebook dilaksanakan untuk merespon banyak pertanyaan mengenai layanan KB/Kontrasepsi yang termasuk dalam program nasional terkena dampak COVID -19. Beberapa daerah bahkan sudah mengeluarkan estimasi lonjakan kehamilan akibat peningkatan putusnya pemakaian alokon. Kunjungan tenaga kesehatan yang difokuskan pada kondisi emergensi, ketersediaan stok alokon di lapangan yang masih mengalami kekosongan, harga pemasangan alokon di tengah kondisi krisis ekonomi masyarakat dan kebijakan untuk tetap menjaga jarak fisik tak bisa dipungkiri juga telah menghambat proses edukasi dan pelayanan yang dilakukan oleh PKB, kader dan bidan. Diharapkan dengan kegiatan nobar live streaming di Facebook Group “Petugas Lapangan Lawan COVID-19” dapat menambah informasi mengenai layanan KB di masa pandemi covid 19. (rffs)