Cegah Stunting, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi mengadakan Kegiatan Implementasi Aplikasi Elsimil Tingkat Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi

Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi menggelar kegiatan implementasi aplikasi elsimil Tingkat Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dalam rangka pencegahan stunting dari hulu. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Shang Ratu pada tanggal 21-22 Februari 2022 dan dihadiri oleh peserta dari OPD KB Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, DP3AP2 Provinsi Jambi serta peserta dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Bapak Yudi Hendra Musrizal, dalam sambutannya mengatakan bahwa aplikasi elsimil adalah salah satu alat screening untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin, menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping khususnya sebagai alat pemantau kesehatan bagi ibu hamil serta media edukasi pernikahan dan hamil, terutama yang terkait dengan faktor risiko stunting. Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi juga mengatakan bahwa Aplikasi Elsimil ini dirancang khusus menyasar calon pengantin, ibu hamil dan yang sudah melahirkan. Yakni sebagai alat pemantau kesehatan dan edukasi seputar kesiapan nikah dan program hamil. Melalui Elsimil, tiga bulan sebelum akad nikah, calon pengantin harus melakukan pemeriksaan. Data tersebut selanjutnya dimasukkan kedalam aplikasi tersebut.

Pada kegiatan ini juga menyajikan materi narasumber yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mengenai skrinning Kesehatan Calon Pengantin dan penyampaian materi dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi mengenai Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin dalam rangka pencegahan stunting dari hulu.

Pada kegiatan ini juga dilakukan praktek dan implementasi pencegahan stunting dari hulu dan melibatkan seluruh peserta kegiatan, dimana diharapkan dengan praktek ini para peserta dapat memahami teknis penerapan dilapangan mengenai implementasi pencegahan stunting dari hulu yang dimulai dari fase remaja dan fase catin/PUS.

Acara ini juga dirangkai dengan berbagai games yang seru mengenai stunting dan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) yang dipandu oleh para duta GenRe Provinsi Jambi.

Agar program pencegahan stunting dari hulu ini berjalan dengan lancar, perlu adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak termasuk didalamnya adalah Duta Genre sebagai perpanjangan tangan Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi kepada generasi muda yang berencana dalam melakukan sosialisasi maupun KIE mengenai PKBR bagi Remaja.