BKKBN Jambi Melaksanakan Koordinasi Dan Evaluasi Pengerakkan Pelayanan KB MKJP Dalam Rangka Monitoring Pelaksanaan Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor Di Provinsi Jambi


Dalam rangka menyambut Harganas ke-29 Tahun 2022, kegiatan Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor 2022 Kota Jambi kali ini dilaksanakan di Komando Distrik Militer 0415-Jambi (Rabu/ 15 Juni 2022). Bersama DPPKB Kota Jambi, BKKBN Melakukan monitoring terhadap berlangsungnya kegiatan pelayanan KB yang diterima oleh 192 Akseptor yang terdiri dari 93 Akseptor Pil KB, 65 Akseptor Kondom, 15 Akseptor Suntik KB, 8 Akseptor Implan, 9 Akseptor IUD, 1 Bongkar Pasang Implan, dan 1 Bongkar Implan.

Selain dilaksanakan pelayanan di KODIM 0415-Jambi, Pelayanan Sejuta Akseptor juga dilaksanakan di RS. Abdul Manap dan RS. Erni Medika. Pelayanan yang dilaksanakan di RS. Abdul Manap yaitu Pelayanan KB Metode Operasi Pria (MOP) yang diikuti oleh 2 calon akseptor, sementara Pelayanan yang dilaksanakan di RS. Erni Medika yaitu KB Metode Operasi Wanita yang diikuti oleh 4 calon akseptor. Dalam pemberian pelayanan gratis tersebut masyarakat yang ingin mendapat pelayanan tetap menerapkan protokol kesehatan serta dilakukan screening kesehatan akseptor sebelum dilakukan pemasangan KB.
Kepala Dinas DPPKB Kota Jambi, Irawati Sukandar menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu kekuatan besar dalam pengendalian penduduk di Provinsi Jambi. Apabila kegiatan pengendalian penduduk berjalan dengan sesuai harapan maka tidak dipungkiri bahwa kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi akan semakin meningkat.

“Kita telah melaksanakan Pelayanan Sejuta Akseptor Tingkat Kota Jambi, alhamdulillah seluruh faskes yang ada di kota jambi sedang melaksanakan kegiatan pelayanan dan puncaknya launching di Kecamatan Jelutung di lapangan Kodim Jelutung yang sudah terdaftar sampai dengan hari ini lebih dari 160 akseptor. Jumlah qkseptor yang ditentukan dari pusat yaitu 2.062 akseptor yang terdiri dari KB Suntik, Pil, Kondom, Implant, IUD , MOW, MOP, yang tersebar di 11 kecamatan. Dan kita juga didukung dengan kegiatan di RS. Abdul Manap untuk MOP, dan RS Erni Medika untuk MOW. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan yaitu pengendalian penduduk di Jambi bisa terlaksana dengan baik sehingga kesejahteraan masyarakat Jambi akan terus meningkat.” Jelas Ira.

Pada pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan kerja sama oleh berbagai pihak terkait yaitu Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Puskesmas, Penyuluh KB Kota Jambi, serta Kader yang membantu kelangsungan acara tersebut. Tidak hanya pelaksanaan pelayanan KB, tersedia pula pelayanan pemeriksaan Kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat yang hadir pada kegiatan ini. Kegiatan Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor Di Provinsi Jambi berlangsung dengan baik dengan adanya semangat kerja sama dari seluruh pihak yang terlibat. (SA)