BKKBN Jambi Dorong Pemberdayaan Ekonomi Desa Tanjung Pauh Talang Pelita

Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi bersama dengan Dinas PP dan KB Kabupaten Muaro Jambi, melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga di Desa Tanjung Pauh Talang Pelita, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu, 13 April 2022.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Kepala Desa, Sekdes, Tim Pendamping Desa, Ketua PKK Desa, Ketua Pokja Kampung KB, PLKB dan Kader UPPKA Sehati Desa Tanjung Pauh Talang Pelita.  Dalam sambutannya Kepala Desa Tanjung Pauh Talang Pelita, Rustam, Pemerintah Desa mendukung kegiatan Program pemberdayaan ekonomi keluarga di Desa dengan menganggarkan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) antara lain Pengadaan Bibit Rimpang (Jahe, Kunyit) dan media tanam beserta pelatihan pengolahan serbuk jahe untuk kelompok UPPKA. “Hasil dari produksi tanaman tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan kelompok UPPKA. Jumlah yang dianggarkan pada Tahun 2022 ini sebesar Rp. 39 juta,” Ujar Rustam.

Selain itu, lanjut Rustam, melalui Musrenbang Tingkat Desa telah dialokasikan juga untuk Pengadaan bibit ikan, pakan dan kolam serta dukungan Operasional kelompok kegiatan. “Kegiatan tersebut tentunya merupakan program Prioritas Desa terkait pengembangan kelompok usaha dan tentunya Pencegahan Stunting di Desa,” Tegas Rustam.

Sub koordinator Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Jambi, Ramadani J, SE, MM, menyampaikan BKKBN Jambi turut mendorong pemberdayaan ekonomi Desa Tanjung Pauh Talang Pelita melalui kegiatan Prioritas Nasional peningkatan pemberdayaan ekonomi keluarga bagi bagi Keluarga Akseptor KB Lestari dan Mandiri MKJP di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB). Selain itu juga disampaikan, dalam rangka Pencegahan Stunting di Desa, BKKBN melakukan Program Inovasi yang dikenal dengan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting (calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan baduta) dengan memanfaatkan bahan pangan lokal dengan konsep pemberdayaan masyarakat. “Terima kasih atas dukungan pemerintah desa terhadap kegiatan di Kampung KB, insyaallah dengan bekerja sama, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas, Desa Tanjung Pauh Talang Pelita bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan mencegah Stunting di Desa,” Ucap Dani. (rdj)