Uji Coba PK21, Provinsi Jambi Siap Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

BKKBN Online – Mestong, Muaro Jambi, 25 November 2020 team teaching PK21 BKKBN Jambi dan Koordinator PKB Kecamatan Mestong Siti Khuzaimah bersiap untuk mendampingi kader pendata dalam uji coba pengumpulan data PK21 di desa yang telah ditunjuk. Sebanyak 10 orang kader pendata yang telah di orientasi di hari sebelumnya bersiap untuk melakukan pendataan keluarga di desanya masing-masing. Adapun metode pendataan yang digunakan adalah sesuai dengan metode yang akan digunakan pada saat pendataan keluarga tahun 2021 yaitu dengan metode PAPI (Paper and Pencil Personal Interview) dan metode CAPI (Computer Assited Personal Interview/smartphone). Lokus wilayah pendataan yang menggunakan metode smartphone/PAPI adalah desa Sungai Landai dengan 5 orang kader yang akan mendata masyarakat di 5 Rukun Tetangga (RT) dan desa Tanjung Pauh Talang Pelita yang akan didata oleh 5 orang kader dengan menggunakan metode Formulir/CAPI.

Masing-masing kader didampingi oleh seorang dari team teaching provinsi, dan masing-masing desa memiliki supervisor pendataan yang akan mengawal dan memonitoring pelaksanaan pengumpulan data yang dilakukan oleh setiap kader. Sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK) yang akan dijadikan sample dalam uji coba pendataan keluarga 2021, yang mana sebanyak 50 KK di desa Sungai Landai akan didata menggunakan metode smartphone dan 50 KK di desa Tanjung Pauh Talang Pelita didata menggunaka metode formulir.

Pengumpulan data yang dilakukan oleh kader berlangsung lancar dan aman karena masyarakat setempat yang menjadi sampel pendataan sangat kooperatif. Tak banyak kendala berarti yang dialami selama proses pengumpulan data oleh kader. Permasalahan hanya muncul ketika pendataan keluarga tercatat tidak valid di aplikasi dikarenakan terdapat satu keluarga yang didata sebanyak dua kali oleh kader sehingga menyebabkan data menjadi anomali. Dari pengalaman uji coba ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi optimis dapat melaksanakan PK21 dengan sebaik-sebaiknya tahun depan. (ry)