Tingkatkan Validitas Data Program Bangga Kencana, Tanjab Barat Lakukan Pengendalian Lapangan

Bertempat di Aula Dinas P3AP2 dan KB Kabupaten Tanjab Barat melakukan Pembinaan Pengendalian Lapangan. Pengendalian ini dilakukan dengan membina PKB dan PLKB Non PNS dalam hal Pencatatan dan Pelaporan data program Bangga Kencana. Pencatatan dan Pelaporan program ini memiliki peran penting dalam penggarapan dan pengembangan program Bangga Kencana di lapangan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2020.

Saat ini, Provinsi Jambi memanfaatkan dua aplikasi dalam pencatatan dan pelaporan program Bangga Kencana, yaitu aplikasi Pendataan Keluarga (PK) dan Sistem Informasi Keluarga (SIGA). Dua aplikasi ini berintegrasi dan mengeluarkan output capaian program Bangga Kencana, salah satunya adalah capaian peserta KB di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Tanjab Barat.

PKB/PLKB merupakan perpanjangan tangan BKKBN dalam menyampaikan program Bangga Kencana ke masyarakat. Maka dari itu, Dinas P3AP2 dan KB Kabupaten Tanjab Barat berharap dapat bersinergi dengan PLKB untuk dapat menghasilkan data yang memiliki validitas yang tinggi.

Data yang valid dapat memudahkan kita mengintervensi program Bangga Kencana sesuai kebutuhan masyarakat di wilayah binaan, ujar irwilian. F/I/Dal/13 akan diaktifkan kembali di Tanjab Barat, hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan sistem mengalami gangguan untuk laporan segera. Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini Kabupaten Tanjab Barat dapat melaporkan data yang valid secara rutin tiap bulannya, terutama laporan data pelayanan KB dan data lapangan di SIGA. (rffs).