PELAYANAN KB GRATIS UNTUK TURUNKAN ANGKA KELAHIRAN ATAU TOTAL FERTILITY RATE (TFR)

Betara РDalam rangka menurunkan angka kelahiran atau Total Fertility Rate (TFR) sesuai target, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tanjung Jabung Barat melakukan pelayanan KB gratis. Pelayanan untuk masyarakat ini, diadakan di Desa Teluk Kulbi Kecamatan Betara (23/01/20). Pelayanan KB gratis berupa pemasangan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) berupa implan dan IUD.  MKJP adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dalam jangka panjang.

Pelayanan pemasangan alat kontrasepsi dilakukan oleh bidan fasilitas kesehatan Kecamatan Betara didampingi oleh Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Betara, serta para PPKBD dan Sub PPKBD Kecamatan Betara yang membantu dalam melakukan pencatatan dan pelaporan. Para akseptor KB yang hadir dan menjadi peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 21 orang yang berasal dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Betara. Kegiatan  berlangsung dengan kondusif dan lancar. Para peserta tertib datang dan bersedia mengantri untuk mendapatkan layanan.

Secara bertahap, pelayanan KB gratis ini akan dilanjutkan di Kecamatan lainnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dengan adanya pelayanan KB gratis ini masyarakat dapat terbantu dan kepesertaan ber-KB akan meningkat dan diaharapkan target dapat tercapai. (dap)