Pelatihan E-Learning berbasis moodle dan survey online bagi pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi

Jambi, 15 Juli 2020 Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melaksanakan pelatihan  Electronic Learning (e-Learning). Pelatihan ini merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer dan jaringan Internet. Sesuai dengan kondisi saat ini, system ini sangat mendukung pelaksanaan program Bangga Kencana yang merupakan tupoksi BKKBN.  E-learning memungkinkan peserta untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus bertatap muka langsung secara fisik di kelas. Peserta pelatihan ini berjumlah 20 orang yang merupakan perwakilan dari enam bidang (Bidang Sekretaris, Bidang Latbang, Bidang KBKR, Bidang ADVIN, Bidang Dalduk dan Bidang KS/PK) yang ada di Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih peserta agar dapat meneruskan kegiatan program Bangga Kecana menggunakan  E-Learning ini pada Kab/Kota se Provinsi Jambi. E-learning ini berbasis moodle dan survey online. Moodle bisa digunakan oleh siapa saja secara open source,  dengan menggunakan Moodle kita dapat membangun system dengan konsep E-Learning (pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning (pembelajaran jauh). Berbagai bentuk materi pembelajaran dapat dimasukkan dalam aplikasi Moodle ini.

Beberapa tema yang menarik telah disediakan oleh Moodle. Adapun kelebihan dari Moodle ini yaitu :

  1. Sistem jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri
  2. Ruang akses yang dapat dibatasi sesuai dengan jaringan yang dibuat
  3. Sistem pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan (karena bersifat Open source)
  4. Fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh

Kekurangan Moodle :

  1. Membutuhkan pemahaman lebih tentang sistem
  2. Perlunya tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya
  3. Membutuhkan biaya lebih
  4. Memerlukan hardware khusus
  5. Harus menginstall aplikasi khusus

Perwakilan BKKBN Prov. Jambi di tahun 2020 ini, memperioritaskan tiga program besar yakni pertama ; melayani masyarakat hingga pelosok, kedua ; zona integritas bebas korupsi dan ketiga ; restrukturisasi. Oleh karena itu pelatihan pengembangan SDM Provinsi melalui pelatihan E-Learning berbasis Moodle dan suvei online ini sangat di perlukan guna menunjang kegiatan program Bangga Kencana.

Bekerjasama dengan STMIK Nurdin Hamzah Kota Jambi, pelatihan ini membawa antusiasme sendiri pada peserta khususnya peserta yang memiliki minat di bidang informasi Teknologi. Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi berharap kerjasama yang seperti ini dapat dilakukan secara rutin karena merupakan salah satu inovasi yang diperlukan dalam pengembangan program Bangga Kencana di Provinsi Jambi. (swr).