Menuju Kader Berkualitas Pendataan Keluarga Tahun 2021

Dinas P3AP2KB Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama Petugas Lapangan Keluarga Berencana Kecamatan Tungkal Ilir mengadakan orientasi kader pendata untuk Pendataan Keluarga Tahun 2021 Kamis 4 Maret 2021 sampai dengan 11 Maret 2021 di Balai Penyuluh KB Kecamatan Tungkal Ilir. Dalam rangka mensosialisasikan kepada kader pendata serta supervisor di Kecamatan Tungkal Ilir mengenai Pendataan Keluarga 2021 dan tugas pokok masing-masing aktor PK21 agar memperoleh data yang berkualitas.

Peserta  orientasi adalah kader pendata Kecamatan Tungkal ilir sebanyak 126 orang ditambah 10 orang supervisor dari masing-masing desa dan kelurahan di Kecamatan Tungkal Ilir. Pada pelaksanaan orientasi kader dibagi menjadi tiga gelombang dengan masing-masing gelombang dilaksanakan dua hari, dihari pertama kader pendata dan supervisor mendapatkan materi mengenai PK 2021 dan dihari kedua diskusi dan praktek pengisian formulir PK 21.

“Pelaksanaan PK 2021 secara serentak nasional dimulai dari 1 April 2021 sampai dengan 31 Mei 2021. Oleh karena itu dalam menghadapi pendataan keluarga yang merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam kegiatan strategis program banggakencana untuk kepentingan perencanaan, evaluasi dan pengukuran kinerja sampai dengan wilayah administrasi terkecil. Sehingga sangat perlu dilaksanakan orientasi kader pendata yang merupakan ujung tombak keberhasilan pendataan keluarga 2021” ujar Kabid Dalduk

Dalam orientasi ini dijelaskan tentang apa itu pendataan keluarga, kedudukan kader pendata dan supervisor, cara mengumpulkan data secara tepat, petunjuk umum pengisian formulir F/I/PK/21 dan tata cara pengisian form serta penggunaan aplikasi input PK 2021. Kegiatan berjalan dengan lancar dan kader sangat antusias dalam menerima materi hingga diskusi di setiap blok formulir PK 21. Para supervisor mengaku siap membantu kader pendata dalam menyukseskan pendataan keluarga tahun 2021 sehingga diharapkan hasil pendataan keluarga tahun 2021 menghasilkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. (rffs)