GLADI BERSIH PENDATAAN KELUARGA 2021

BKKBN Online – Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Sesuai denganĀ Undang-undang No. 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No. 87 Tahun 2014 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan Program KKBPK diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dalam system informasi keluarga (SIGA). Pembangunan SIGA diawali dengan pembangunan Basis Data Keluarga Indonesia (BDKI) dimana pendataan keluarga dilakukan setiap 5 tahun sekali dan update data dilakukan setiap tahun melalui Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI).

Pendataan Keluarga 2021 (PK21) merupakan kegiatan strategis Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan KB untuk kepentingan perencanaan, evaluasi dan pengukuran kinerja sampai wilayah administrasi terkecil. Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dituntut untuk bekerja keras serta memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk menyukseskan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi.

Dalam rangka persiapan Pendataan Keluarga 2021 (PK21), BKKBN seluruh Indonesia melakukan gladi bersih guna memantapkan kembali persiapan-persiapan yang telah dilakukan sejak awal tahun 2020. Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi ikut serta dalam persiapan ini, mulai dari Kickoff PK21 pada tanggal 16 November 2020 hingga melakukan Workshop bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan terlibat saat uji coba pengumpulan data. Beberapa persiapan pendataan telah dilakukan sejak awal tahun, seperti pemetaan wilayah pendataan, SDM yang akan terlibat, team teaching dan tim Posko PK21 yang akan mengawal pelaksanaan PK21 nanti.

Yuslidar, SP selaku Koordinator Bidang ADPIN dan penanggung jawab umum dalam pelaksanaan PK21 menyatakan bahwa Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi siap menyukseskan PK21.

Kegiatan Gladi Bersih PK21 diawali degan melakukan uji coba pengumpulan data. Untuk uji coba ini, di butuhkan SDM yang berkualitas sebagai gambaran pelaksanaan PK21 yang sebenarnya tahun depan. SDM yang dibutuhkan diantaranya adalah, kader pendata, supervisor, dan manager pengolahan. Sebelum terjun mengumpulkan data, SDM pelaksana PK21 ini perlu untuk di orientasi guna meningktakan pemahaman dan tata cara pelaksanaan, pengumpulan, serta pengolahan data dalam pendataan keluarga karena metode yang akan digunakan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Workshop dilakukan selama satu hari penuh, dengan mengundang 10 orang kader pendata dari 2 desa, 3 orang PKB/PLKB Kecamatan dan dua 2 orang dari OPD KB Kabupaten yang akan memonitoring pelaksanaan pendataan.

Bertempat di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Jl. Nur Atmadibrata No. 19, Telanaipura, Jambi seluruh SDM yang akan terlibat dalam uji coba pendataan keluarga di orientasi dengan Narasumber 2 orang Team Teaching yang telah mengikuti Training for Trainer (TOT). Bbeberapa hal baru dan penekanan dalam pendataan disampaikan kepada peserta dan mendapatkan antusiasme pertanyaan yang cukup banyak dari peserta. Terutama mengenai aplikasi pendataan keluarga yang merupakan barang baru bagi kader pendata, dimana kader yang menggunakan metode smartphone harus memahami betul penggunaan aplikasi pendataan.
Setelah workshop, kegiatan akan dilanjutkan dengan turun ke lapangan ke wilayah yang menjadi lokus uji coba pendataan yaitu Kecamatan Mestong, Desa Sungai Landai dan Desa Tanjung Pauh Talang Pelita. (ry)