FASILITASI PENGEMBANGAN KELOMPOK UPPKA JAMBI BERSAMA OJK DAN PT. PLN

Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi terus melakukan fasilitasi pengembangan kelompok UPPKA melalui pengembangan “konsep multi intervensi”, yaitu penggabungan antara intervensi Pemerintah dan Sektor Swasta (NGO/Organisasi Kemasyarakatan, dan/atau Donor/Pengusaha Swasta). Guna mewujudkan hal tersebut, Tim BKKBN Jambi melakukan kunjungan ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jambi, Senin, 22 Februari 2021. Dalam pertemuan tersebut Pihak OJK Jambi yang diwakili Bidang Humas, Agus menyampaikan informasi seputar akses pembiayaan atau permodalan bagi kelompok UMKM di Provinsi Jambi.

OJK terus berupaya dan mencari solusi terbaik dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Peran OJK disini adalah peningkatan literasi dan inklusi keuangan, agar pelaku UMKM dapat lebih memahami konsep dasar dari produk keuangan, melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang lebih baik, serta melindungi mereka dari penipuan. Apalagi saat sedang marak pinjaman online, dan tanpa disadari bunga yang diberikan sangat tinggi dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya, “Ujar Pria yang akrab disapa Agus ini”.

Selanjutnya, Agus juga menyampaikan, OJK pada tahun 2020 yang lalu terus meningkatkan literasi keuangan dengan mengadakan sosialisasi secara virtual terhadap UMKM khususnya dalam pengenalan berbagai akses permodalan, tapi OJK tidak bisa mengarahkan salah satu produk keuangan karena kami adalah instansi indenpenden. Namun untuk tahun ini, berdasarkan hasil evaluasi ternyata pelatihan online itu tidak efektif“tegasnya.

Ramadani J selaku Sub Koordinator Bidang KSPK mewakili BKKBN Jambi, menyampaikan bahwa Kelompok UPPKA yang merupakan binaan BKKBN masih terkendala dari segi permodalan, dan kapasitas SDM nya. “Oleh karena itu BKKBN Jambi perlu bekerjasama dengan OJK dalam hal pelatihan dan sosialisasi seputar produk-produk keuangan yang bisa membantu kelompok UPPKA dalam mengembangkan usahanya, apalagi dimasa pandemi ini, “lanjut Dani.

Safari BKKBN Jambi berlanjut ke Kantor PT. PLN UP3 Jambi, pertemuan ini membahas tentang program kerjasama dan kemitraan yang bisa dibangun oleh kedua belah pihak dalam pengembangan usaha UPPKA. PT. PLN Jambi yang diwakili Divisi UMKM menyambut baik pertemuan ini, karena PT. PLN juga mempunyai Program “PLN Peduli” yang juga memberikan pendampingan kepada UMKM binaannya usahanya bisa lebih maju dan memiliki jejaring pemasaran yang luas. Dalam pertemuan ini disepakati, BKKBN Jambi bisa menyampaikan usulan data UMKM yang ada dalam wilayah PT. PLN UP3 Jambi untuk mendapatkan bantuan dari Program PLN Peduli. (rmd).