Dukung Program Bangga Kencana, BKKBN Siapkan Balai Penyuluhan KB Di Tebingtinggi

Jambi – Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayah kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Perwakilan BKKBN Provinsi akan segera mendirikan Balai Penyuluh KB di Kabupaten Tanjung Jabung Barat tepatnya di Kecamatan Tebing Tinggi, yang mana selama ini belum tersedia.

Untuk mempercepat realisasi rencana tersebut, Dinas P3AP2KB Tanjung Jabung Barat sebagai mitra kerja BKKBN di daerah melakukan tinjauan langsung ke lokasi-lokasi potensial pada tanggal 14 Mei 2020 yang kedepannya akan dibangun Balai Penyuluh KB Kecamatan Tebingtinggi. Tinjauan ini langsung dipimpin oleh Drs. H. Muhammad Yunus selaku Kepala Dinas P3AP2KB dan pejabat pelaksana teknis kegiatan yaitu Rizal Riadi S.P.

Peninjauan lokasi calon balai dilakukan setelah melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Tebing tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan. Setelah menimbang dan menyeleksi beberapa lokasi, maka pilihan terbaik jatuh di lokasi halaman Kantor Kecamatan Tebingtinggi.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan untuk mempermudah koordinasi antara penyuluh KB dengan pemerintah daerah setempat dalam hal ini Camat Tebing tinggi, serta lebih mudahnya akses dan tersedianya fasilitas fasilitas penunjang demi berjalannya program-progam BKKBN, khususnya progam Banggakencana yang semakin lebih baik lagi kedepannya. Peninjauan tersebut, sekaligus sebagai bentuk program pelaksanaan anggaran tahun 2021 BKKBN Provinsi Jambi.

Balai Penyuluh KB adalah bangunan yang berada di suatu Kecamatan yang berfungsi sebagai tempat beraktifitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan pembinaan kepada Petugas dan Pengelola (PKB dan PLKB, Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan dan Mitra Kerja) dalam operasional Progam Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Tingkat Kecamatan. Dengan demikian keberadaan Balai Penyuluhan KB di Kecamatan Tebingtinggi kedepannya akan berfungsi sebagai pusat pengendali operasional lini lapangan dan sarana pendukung tugas dan fungsi Penyuluh KB.

“Dengan adanya Balai Penyuluhan KB ini saya berharap penyuluh lapangan KB dapat lebih maksimal dalam bekerja memberikan penyuluhan KB kepada masyarakat, dan dimohon juga bantuan beserta bimbingan untuk para Penyuluh KB yang bertugas di Tebingtinggi ” kata Drs. H. Muhammad Yunus selaku Kepala Dinas P3AP2KB kepada Sekretaris Camat Tebingtinggi Kunardi S.E. (AwP)