Deputi ADPIN Tinjau Pelayanan MOW Dalam Rangka Hari Kontrasepsi Sedunia

Jumat, 11 September 2020 bertempat di Rumah Sakit Erni Medika Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melakukan pelayanan KB Medis Operasi Wanita (MOW). Pelayanan ini terselenggara atas kerjasama BKKBN Provinsi Jambi dan RS. Erni Medika dalam rangka memeperingati Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 September 2020. Untuk memperingati World Contarceptive Day (WCD) tahun 2020 BKKBN melakukan bulan pelayanan satu juta akseptor MKJP yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sejak tanggal 18 Agustus hingga 18 September 2020.

Provinsi Jambi dalam bulan pelayanan satu juta akseptor MKJP memfasilitasi masyarakat khususnya wanita untuk dilayani secara gratis pemasangan alat kontrasepsi, yaitu Implant dan IUD. Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jambi, Deputi ADPIN H. Nofrijal, SP, MA menyempatkan diri untuk meninjau pelayanan MOW di RS. Erni , Jl. Berlin No.21, Talang Bakung, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36128. Disambut langsung oleh Kepala RS. Erni Medika dan jajarannya, Deputi ADPIN dan jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi berdialog dan diskusi tentang kerjasama yang telah terjalin selama ini dan berharap dapat terus mengembangkan kerjasama dalam pelayanan KB.

H. Nofrijal mengatakan “saya sangat berterima kasih pada RS. Erni Medika yang telah membantu BKKBN khususnya BKKBN Provinsi Jambi dalam memfasilitasi pelayanan MOW dalam rangka Hari Kontrasepsi ini. Kami berharap kerjasama ini tidak hanya sampai disini, tapi terus berlanjut kedepannya.”

Dalam pelayanan ini sebanyak 13 orang akseptor dilayani MOW di RS. Erni Medika dan 1 orang akseptor dilayani MOP. Hal ini diharapkan dapat mendongkrak capaian akseptor MKJP Provinsi Jambi dan menaikkan peringkat Provinsi Jambi yang saat ini berada di urutan ke 3 secara nasional dalam hal pencapaian target pelayanan satu juta akseptor memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia.

Setelah mengunjungi pelayanan MOW, Deputi juga mengunjungi Balai Penyuluh KB dan menyapa PKB/PLKB Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Sebanyak 11 orang koordinator PKB/PLKB yang ada di Kota Jambi bercengkrama bersama Deputi ADPIN, menyampaikan keluh kesah mereka di lapangan dan meminta motivasi dari Deputi. Berdialog akrab bersama seluruh koordinator PKB Kecamatan seluruh Kota Jambi, H. Nofrijal menyampaikan pesan kepada para PKB/PLKB bahwa sebagai ujung tombak BKKBN PKB/PLKB harus kreatif dalam menyampaikan program Bangga Kencana kepada masyarakat. Pendekatan-pendekatan yang dilakukan juga yang sesuai dengan kultur masyarakat setempat agar program Bangga Kencana dapat diterima dan dijalani oleh masyarakat kita.
(ry).