BKKBN Gandeng BLKP Jambi Perkuat Kerja Sama Pelatihan Kerja

Jambi – 17 Maret 2021 Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi melalui sub bidang Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) terus memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan mitra kerja tingkat provinsi. Hal ini lakukan untuk membantu kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) untuk bangkit kembali ditengah cobaan pandemi Covid 19 dan untuk terus dapat mengembangkan kompetensi wirausaha maupun peningkatan produksinya. Salah satu upaya yang dilakukan antara lain memfasilitasi kelompok UPPKA untuk mendapatkan akses program-program pelatihan kerja baik di provinsi maupun daerah bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja dan Produktivitas (BLKP) Provinsi Jambi.

Dalam pelatihan tata boga dan pembuatan kue, terdapat 2 (dua) kelompok UPPKA yaitu UPPKA Mawar Kelurahan Pasir Putih dan UPPKA Benur Muda Kelurahan Lebak Bandung Kota Jambi yang berkesempatan mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama 18 hari di BLKP Jambi. Menurut salah satu peserta yang mengikuti pelatihan, Nursiam, menyampaikan terima kasih karena sudah bisa mengikuti pelatihan pembuatan kue. “Kami setiap hari diajarkan untuk pembuatan kue dengan menu berbeda, alhamdulillah banyak ilmu yang kami bisa dapatkan”, tuturnya.

 

Abdallah Husein, ST, yang mewakili Kepala UPTD BLKP Jambi menyampaikan, dengan adanya sinergitas yang erat, diharapkan berbagai tantangan dan hambatan dalam peningkatan kapasitas dan kompetensi wirausaha dalam pelaksanaan program pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja di Balai-balai Latihan Kerja (BLK) agar segera dikomunikasikan untuk memperoleh solusi secara cepat dan tepat.

 

“Kami rencana pada bulan depan juga akan membuka pendaftaran untuk beberapa jenis pelatihan dimana peserta bisa melihat tatacara pendaftaran melalui website www.kemnaker.go.id atau aplikasi (SISNAKER) di google play store. Informasi pelatihan akan diinformasikan melalui akun Instagram BLKP Provinsi Jambi,” ujarnya.

 

Abdallah mengungkapkan bahwa tahun 2021 ini, BLKP Jambi akan mengadakan beberapa 12 jenis pelatihan kompetensi antara lain las, listrik, desain, program, tata boga, jahit, AC, HP, otomotif, komputer, bubut dan editing. Namun, lanjut Abdallah, peserta pelatihan dibatasi dan akan diseleksi oleh tim dari BLKP Jambi dan dilaksanakan secara transparan.

 

Sementara Sub Koordinator PEK BKKBN Jambi, Ramadani J, berharap agar ke depan kerjasama ini bisa terus dilanjutkan. “Kelompok UPPKA sangat membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kualitas produknya,” ujarnya. Pada kesempatan tersebut juga diberikan cinderamata plakat dari BKKBN Jambi sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada BLKP Jambi. (rmd).