BKKBN DAN HIPMI JAMBI SIAPKAN RENCANA STRATEGIS PENGEMBANGAN UMKM PROVINSI JAMBI

Untuk terus menggalang kemitraan dalam rangka peningkatan pengembangan Kelompok UPPKA, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi melakukan pertemuan dengan BPD HIPMI Provinsi Jambi bertempat di RM Cahaya Minang, Telanaipura, Rabu, 03 Maret 2021. Pertemuan tersebut membahas rencana tindak lanjut Kesepahaman Bersama antara Kepala BKKBN dengan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI.

Dalam pertemuan tersebut BKKBN Jambi yang diwakili oleh Sub Bidang Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) dan HIPMI Jambi yang dihadiri oleh Al Haafizhussayuty sebagai Ketua Umum beserta jajaran pengurus bersepakat untuk melakukan pemetaan potensi dan permasalahan kelompok UPPKA yang merupakan UMKM binaan BKKBN.  Sebagai pilot project akan dilaksanakan di 3 kelompok UPPKA di Kota Jambi, dan kami akan langsung terjun ke kelompok UPPKA untuk mengetahui apa permasalahan dan kita coba uraikan, “Ujar Pria yang akrab disapa Hafiz ini”.

Selanjutnya, Hafiz, juga menyampaikan, pengurus HIPMI di Kabupaten/Kota adalah 120 orang se-Provinsi Jambi dan  HIPMI didirikan pada tahun 1972. “HIPMI menjembatani promosi produk, pendampingan bisnis, dan bahkan bantuan modal melalui jaringan terkait. HIPMI juga memiliki hubungan langsung dengan beberapa kementerian. Saat ini HIPMI memiliki program 1 kontainer HIPMI dimana program ini sebagai wadah promosi dan distribusi produk nasional untuk go international, “tegasnya.

Ramadani J selaku Sub Koordinator PEK mewakili BKKBN Jambi, menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat penting karena HIPMI mempunyai jejaring dan akses yang luas dalam membantu kelompok UPPKA yang saat ini masih terkendala dari segi permodalan, manajemen, produksi hingga pemasaran. Dilanjutkan Dani, pada tahun 2021 ini BKKBN telah amanatkan oleh Presiden RI, Bapak Jokowi sebagai Ketua Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting, oleh karena itu Program PEK kedepannya harus juga bisa berkontribusi dalam penurunan angka stunting dalam kaitannya dengan pemenuhan gizi keluarga. Selain pendampingan juga diharapkan adanya program pelatihan bagi kader dan anggota UPPKA untuk bisa meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga. BKKBN Jambi dan BPD HIPMI Jambi berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama untuk mengembangkan sektor UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi pada umumnya. (rmd).