Depan > Index Berita > TELAAH HASIL KOREN I TA 2018
TELAAH HASIL KOREN I TA 2018
Senin, 18 September 2017

Jambi – Bkkbn Online: Konsolidasi Perencanaan Program dan Anggaran (KOREN) I tahun anggaran 2018 yang telah dilaksanakan pada akhir Mei 2017 mengalami transformasi. dari semula selalu mengirimkan peserta kegiatan dari tiap Provinsi ke pertemuan yang berskala nasional dengan peserta ratusan orang, diganti menjadi E-koren atau lebih mudah  disebut sebagai penyusunan program dan anggaran versi online via video conference. Semua bahan dan materi bisa diunduh melalui website e-koren.bkkbn.go.id.

Hal ini dilakukan oleh BKKBN pusat melalui Biro Perencanaan dan kedeputian terkait guna menjawab perkembangan zaman dan prinsip efisiensi dan akuntabilitas kegiatan. “Karena hal ini merupakan barang baru, perlu waktu untuk membiasakan diri sehingga dampak positifnya bisa dirasa oleh satuan kerja di lingkungan BKKBN di pusat maupun provinsi,” kata Sekretaris Perwakilan Bkkbn Provinsi Jambi, Mhd. Irzal, SE ME. 

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti, SH MA, momentum kegiatan telaah hasil koren ini ditujukan agar para peserta kegiatan lebih memahami segala hal terkait penyusunan program dan anggaran, baik aturan perundangan yang menaungi, dan juga bentuk pertanggung-jawaban keuangan. “kegiatan yang sebaiknya sudah terbayang atau terilustrasikan ketika kita menyusun kegiatan dalam penyusunan di aplikasi RKAKL. “mari kita bekerja lebih baik di Koren II yang akan dilaksanakan pada akhir september 2017 yang akan datang di Batam, Provinsi Kepri,” jelas pria ramah ini.

Menurut Kasubbag. Perencanaan Perw. Bkkbn Provinsi Jambi, Yudi Hendra Musrizal, S.IP MA maksud dari para pejabat pengawas dan pengelola anggaran diikutsertakan pada kegiatan ini adalah demi model perencanaan yang baik dan regenerasi penyusunan anggaran yang tidak hanya secara ekslusif diketahui sub. bagian perencanaan atau perencana komponen semata.

Pada kegiatan telaah hasil KOREN ini, Perwakilan Bkkbn Provinsi Jambi mengundang 3 (tiga) narasumber yang terkait dengan penyusunan dan pengelolaan anggaran serta pertanggung jawaban anggaran, yakni Biro Keuangan, Biro Perencanaan, dan Auditor dari BKKBN pusat.

“yang bisa hadir memenuhi undangan kami adalah Bapak Hamzah sebagai Auditor dari Inspektorat Utama, dan perwakilan dari Biro Keuangan BKKBN pusat, sementara dari Biro Perencanaan terkendala sempitnya waktu pelaksanaan yang bersamaan dengan persiapan KOREN II” lanjut Ketua Panitia.

“Selain itu, sesuai arahan dari bapak Kepala Perwakilan Bkkbn Provinsi Jambi yang menginginkan perbaikan kinerja perencanaan, dengan meminimalisir revisi anggaran ta 2018 dengan memaksimalkan perencanaan di Koren II, dengan penyusunan anggaran yang baik dan berkualitas, kita sukseskan pencapaian program KKBPK di Provinsi Jambi,” pungkasnya. (Yudi Hendra Musrizal)