Depan > Index Berita > PLKB/PKB ASN Antusias Mengikuti Ujian Sertifikasi Online
PLKB/PKB ASN Antusias Mengikuti Ujian Sertifikasi Online
Jumat, 18 Agustus 2017

Jambi – Bkkbn online : Sejak minggu pertama Bulan Agustus 2017, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi memiliki hajat besar lainnya setelah kegiatan Review Program KKBPK yang dilaksanakan sekaligus penandatanganan Berita Acara Serah Terima PLKB/PKB dari kabupaten/kota kembali ke BKKBN. Dijadwalkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi melalui Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) bekerjasama dengan Tim Fasilitasi dan Pengawas Ujian Sertifikasi bagi Penyuluh KKBPK Kab/Kota Se-Provinsi Jambi sejak tanggal 1 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2017 akan bertugas mengawal agenda nasional ini agar tepat waktu.

“Kami telah menugaskan beberapa orang ASN yang berkompeten untuk melaksanakan tugas penting ini, sebagai bagian dari proses serah terima ASN dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat sesuai amanat UU No 23 Tahun 2014, pasal 404 yang mengamanatkan bahwa pemindahan kewenangan tersebut selambat-lambatnya 2 tahun sejak diundangkan,” jelas Kepala Bidang Adpin, Drs. Abdul Latif panjang lebar.

Menurut Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mhd. Irzal, SE ME yang diwakili Kasubbag. Kepegawaian dan Hukum,  Mahilli, SE alih kelola administrasi kepegawaian merupakan agenda utama BKKBN di tahun 2017, sejak ditundanya pengalihan ini pada tahun 2016 yang lalu. “Tahun lalu kita terkendala beberapa hal, terutama masalah pendanaan,” kata Mahilli yang baru saja menjabat di Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum 23 Mei 2017 ini. Menurut Mahilli, ujian ini bukan penentuan penjenjangan ASN fungsional, melainkan uji kompetensi petugas sebagai dasar BKKBN menentukan kebijakan atas pemanfaatan PLKB/PKB ke depannya. “PLKB/PKB ke depannya akan kita sebut Petugas Penyuluh Lapangan KKBPK, dan harapan kami meski sudah dialihkan menjadi ASN pusat, agar tetap tawaddu dan berkoordinasi aktif dengan OPD KB di kabupaten/kota,” ujar Mahilli.

Sementara itu, dari pantauan tim fasilitator sekaligus pengawas yang dikomandoi oleh Vinika Anisa Suryaningrum, S.Psi animo petugas lapangan KB (PLKB) dan Koordinator Pengawas Lapangan (PKB sangat tinggi. “Alhamdulillah, Bapak dan Ibu PLKB/PKB sangat antusias dalam mengikuti ujian. Bahkan mereka disiplin hadir di lokasi ujian, meski domisili di tempat yang terpencil dan sulit transportasinya,” ujar Nisa yang juga sebagai admin berbagai aplikasi kepegawaian ini.

Ketua IPEKB Provinsi Jambi, Drs Untung S menyatakan dukungan dan rasa terima kasihnya kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi yang telah bersusah-payah menyelenggarakan kegiatan ini agar tidak ketinggalan dengan provinsi lain yang juga mempunyai agenda serupa. “Di awal penyelenggaraan ujian sertifikasi ini, kita mendapat kendala. Meskipun demikian, bisa terlaksana juga. Semoga bisa berjalan lancar dan sukses, “ ujar Untung. (Yudi Hendra Musrizal)​