Depan > Index Berita > Pemilihan Duta Genre Tahun 2017
Pemilihan Duta Genre Tahun 2017
Kamis, 3 Agustus 2017

Telanaipura  – BKKBN Online : Ajang pemilihan Duta Generasi Berencana atau yang lebih sering disebut Duta Genre tingkat Provinsi Jambi telah memasuki babak pemilihan 20 besar. Dari 109 peserta yang mendaftar, terpilih 40 orang yang memenuhi kriteria bagi 3 dewan juri, yakni : Insyah Yulikah, S.Psi M.Sc (BKKBN), Yudi Hendra Musrizal, S.IP MA (BKKBN), dan Krisna selaku perwakilan dari Forum Duta Genre Provinsi Jambi.

Kegiatan ini sejatinya telah dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2017, dengan agenda pembukaan secara formil yang langsung dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti, SH MA yang sengaja menyempatkan diri untuk hadir disela-sela kegiatan lain yang juga sedang berlangsung di Hotel Novita Jambi yaitu Review Program KKBPK dan Penandatanganan BAST serah terima Petugas Lapangan KB (PLKB) dan PKB ke pemerintah pusat dalam hal ini BKKBN.

Ketua Panitia kegiatan, Ayu Rahayu mengatakan pemilihan Duta Genre tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana ada kegiatan tambahan selain pembekalan materi, tes tertulis, wawancara dan beauty/handsome class. “Kami akan mengadakan Aksi Simpatik di beberapa sekolah yang belum terpapar informasi tentang Genre ataupun program KKBPK. Agar pemuda-pemudi lebih baik dalam merencanakan masa depannya, masa depan keluarga apabila telah membina rumah tangga, serta pandangan-pandangan positif lainnya,” ujar Ayu yang juga Juara I Duta Genre Tahun 2016 yang dulu disebut Duta Mahasiswa.

Hari ini Kamis, 3 Agustus 2017 akan diseleksi 20 orang, putra dan putri dari 40 orang terbaik untuk mengikuti malam penganugerahan yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 Agustus 2017 di Mall WTC Batanghari Jambi. “Di malam Grand Final nanti akan dianugerahkan penghargaan bagi Juara I sampai dengan 3, dengan konsep tidak berbeda jauh dengan ajang pemilihan lainnya. Dan juga kami disini tidak mencari role model yang hanya mengandalkan penampilan fisik semata, tetapi juga inner beauty yang diutamakan,” kata Ayu.

Sementara itu, ditempat terpisah, Kepala Bidang KS/PK Endang Rikmawanti, S.Pd menjelaskan tujuan utama dari ajang ini adalah mencari bibit berkualitas guna membantu Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dalam mensosialisasikan program-program KKBPK kepada masyarakat. “Yang kami titik-beratkan adalah pemahaman Program KKBPK secara umum, tidak parsial. Dan juga nantinya akan kami berangkatkan ke Ajang Pemilihan Duta Genre tingkat nasional. Sehingga diharapkan dapat mengharumkan nama Jambi di kancah nasional,” pungkas Endang. (Yudi Hendra Musrizal)