Depan > Index Berita > ZUMI ZOLA HADIRI PUNCAK PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE XXIV TINGKAT PROVINSI JAMBI
ZUMI ZOLA HADIRI PUNCAK PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE XXIV TINGKAT PROVINSI JAMBI
Rabu, 26 Juli 2017

Sungai Penuh-Bkkbn Online: 25 Juli 2017 peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Jambi dilaksanakan di Kecamatan Tanah Kampung Kota Sungai Penuh. Bertempat di Lapangan Kantor Camat Tanah Kampung, Sungai Penuh Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Jambi di hadiri oleh Gubernur Jambi H. Zumi Zola, S.TP, MA beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj. Sherin Tharia Zola. Kehadiran Gubernur Jambi ini disambut antusias oleh masyarakat Kota Sungai Penuh. Puncak Peringatan Harganas ini juga dihadiri oleh sembilan Bupati/Walikota dari seluruh Provinsi Jambi.

          Bertindak sebagai tuan rumah, Walikota Sungai Penuh H. Asafri Jaya Bakri menyampaikan “ini merupakan sebuah kehormatan bagi Kota Sungai Penuh dapat menjamu Bpk. Gubernur beserta ibu dalam peringatan Harganas ke XXIV. Kami bangga terpilih sebagai tuan rumah peringatan Harganas ini, karena ini sebuah kepercayaan bagi kami dapat menghelat acara besar di rumah kami.” Selanjutnya Asafri mengatakan “Keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah masyarakat, dimana keluarga adalah tempat awal sebuah individu untuk dapat belajar menjadi bagian dari sebuah masyarakat, jadi sudah semestinyalah kita menciptakan keluarga Indonesia yang berkualitas dan sejahtera. Salah satunya adalah melalui kegiatan Harganas ini kita mampu menciptakan keluarga yang berketahanan.”

          Gubernur Jambi, H. Zumi Zola, STP, MA mengatakan dalam sambutannya bahwa “Untuk menciptakan keluarga Indonesia yang berkualitas, kita harus memiliki komitmen untuk itu. Generasi hebat tercipta dari keluarga yang berkualitas, keluarga berkualitas adalah keluarga yang berketahanan karena keluarga adalah awal dari sebuah masyarakat.” Zumi Zola sangat mendukung program KB di Provinsi Jambi, hal ini terbukti dengan dihimbaunya para Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi untuk dapat mencanangkan Kampung KB di setiap kecamatan dan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan strategis yang dapat mendukung program KB di Kabupaten/Kota.

          Kepala BKKBN RI yang dalam acara ini diwakili oleh Deputi Advokasi, Penggerakkan, dan Informasi BKKBN Pusat Sugiyono, S.Pd, MM. Dalam sambutannya Sugiyono menyampaikan “Harganas merupakan peringatan kebangkitan program KB Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Juni. BKKBN merupakan Kementerian/Lembaga yang membidangi program kependudukan dan keluarga berencana nasional. Berbicara soal Keluarga Berencana sudah tentu kita berbicara tentang fungsi keluarga, dimana ada 8 fungsi keluarga yang kita kenal yaitu : Fungsi Keagamaan, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Melindungi, Fungsi reproduksi, Fungsi Sosial dan Pendidikan, Fungsi Ekonomi, dan Fungsi Pembinaan Lingkungan. Dengan terpenuhinya 8 fungsi keluarga ini maka upaya untuk dapat mewujudkan keluarga sejahtera akan tercapai. Terciptanya keluarga sejahtera akan membentuk insan-insan pembangunan yang berkualitas.” Lebih lanjut Sugiyono menyampaikan “BKKBN sejak dahulu sudah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait, dengan PKK dan juga dengan pemerintah daerah. Dengan Dinas Kesehatan, BKKBN berkoordinasi lewat posyandu dengan sistem 5 meja. Provinsi Jambi sejak dahulu sudah langganan menjadi juara ditingkat Nasional dalam program Keluarga Berencana. Ini artinya pemimpin-pemimpin daerah di Provinsi Jambi memiliki komitmen yang cukup tinggi dalam menjalankan program KKBPK.”

          Dalam acara ini juga diberikan piagam penghargaan bagi para pemenang lomba-lomba program KKBPK di Provinsi Jambi. Ada sekitar 40 lomba program KKBPK dengan pemenang dari berbagai Kabupaten/Kota. Disamping itu juga BKKBN memberikan bantuan berupa 3 set KIE Kit kepada Kota Sungai Penuh dan 1 ton makanan tambahan dari Kementerian Kesehatan RI.

          Pada puncak peringatan Harganas ke XXIV Tingkat Provinsi ini juga dilaksanakan Pelayanan KB Gratis bagi masyarakat Kota Sungai Penuh dan sekitarnya. Sebanyak 3 buah bus pelayanan diturunkan untuk dapat melayani masyarakat yang ingin ber-KB mengingat tingginya antusiasme masyarakat Kota Sungai Penuh. Disamping itu juga terdapat pelayanan sunatan massal dalam acara ini, sebanyak 40 anak dilayani dalam acara ini. Tidak hanya pelayanan KB dan sunatan massal, dalam puncak peringatan Harganas ini juga digelar produk UPPKS yang menjadi binaan BKKBN di Kota Sungai Penuh. (rs)​