Depan > Index Berita > Angka Kemiskinan di Provinsi Jambi Ditargetkan Turun Jadi 5 Persen
Angka Kemiskinan di Provinsi Jambi Ditargetkan Turun Jadi 5 Persen
Rabu, 3 April 2013

JAMBI -Bkkbn online : Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan pemerintah menargetkan angka kemiskinan di Provinsi Jambi turun menjadi 5 persen di tahun 2013.


Pemerintah Pusat telah menargetkan penurunan angka kemiskinan dari 13% pada tahun 2011 menjadi 6 sampai 8% pada tahun 2015. Begitu pula dengan Provinsi Jambi, telah ditargetkan oleh pemerintah pusat agar dapat menurunkan angka kemiskinan dari 7,9% pada tahun 2011 menjadi 5% pada tahun 2015,” jelas Fachrori saat membuka Sosialisasi Rural Infrastructure Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS PNPM) dan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) Tahun 2013 di Hotel Abadi Grand, Kota Jambi, Selasa (2/4).     

     
Menurut Fachrori, pelaksanaan RIS PNPM dan PPIP sangat penting dan strategis karena mendukung upaya pencapaian tujuan Millennium Development Goals (MDGs). Pembangunan  berbagai infrastruktur dasar melalui RIS PNPM dan PPIP, seperti transportasi, jalan usaha tani, irigasi, perpipaan, air bersih dan sanitasi, diharapkan dapat membantu pencapaian MDGs, yaitu pengurangan jumlah penduduk miskin, kesetaraan gender, akses rumah tangga terhadap air bersih dan sanitasi, angka kematian ibu dan bayi.

58miskin-web.jpg

Di Provinsi Jambi, RIS PNPM dan PPIP telah berjalan sejak tahun 2009 hingga sekarang. Wagub mengharapkan kepercayaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah di Provinsi Jambi daam menyelenggarakan program ini bisa terjaga dengan sebaik mungkin.


Ketua Panitia Sosialisasi RIS PNPM dan PPIP, Iwan Syafwadi, menyampaikan, di tahun 2013 RIS PNPM dilaksanakan di empat kabupaten/kota, yakni Kerinci, Sungai Penuh, Sarolangun, dan Tanjung Jabung TimurSementara PPID dilaksanakan di empat kabupaten, yaitu di Tanjung Jabung Barat, Muaro Jambi, Batanghari, dan Merangin.(metrojambi.com,2/4/13)