BPS Ajak BKKBN Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Jambi – BKKBN Online: Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti, SH, MA, menghadiri acara Coaching Duta Sensus BPS Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Badan Pusat Statistik, Minggu (15/9/2019).
Coaching Duta Sensus BPS Provinsi Jambi ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan sensus penduduk yang akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang. Sensus Penduduk adalah kegiatan yang dilaksanakan BPS 10 tahun sekali untuk mencatat seluruh penduduk Indonesia tanpa terkecuali. Kegiatan sensus penduduk telah dilaksanakan BPS sejak tahun 1961 dan sensus penduduk yang akan dilaksanakan di tahun 2020 mendatang ini merupakan sensus penduduk yang ketujuh dan termasuk agenda penting BPS.


Mukhtar Bakti selaku kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa BKKBN akan terus bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi dan turut andil dalam rangka menyukseskan kegiatan sensus penduduk 2020.
“Mari kita sosialisasikan program sensus penduduk mendatang, agar kegiatan sensus penduduk di Provinsi Jambi dapat dicatat secara akurat, karena jika kita punya pencatatan yang akurat maka baik didalam perencanaan maupun hasilnya pasti akan ikut akurat juga sehingga dapat membantu para pengambil kebijakan agar tidak salah dalam mengambil keputusan” ujarnya.


Lebih lanjut, Mukhtar Bakti menegaskan bahwa perbaikan koordinasi antar mitra sangatlah penting dan BKKBN akan terus mendukung kegiatan sensus penduduk dan program-program yang dijalankan oleh BPS. Selain itu, BKKBN diharapkan dapat berkoordinasi dengan mitra-mitra terkait terutama di bidang akademis seperti universitas yang ada di Provinsi Jambi demi kelancaran pelaksanaan sensus penduduk nantinya pada tahun 2020.


Dengan terselenggaranya kegiatan coaching Duta Sensus BPS Provinsi Jambi ini, BPS sebagai salah satu mitra BKKBN sangat mengharapkan koordinasi dari BKKBN untuk mensukseskan kegiatan sensus penduduk 2020 mendatang mengingat Sensus penduduk menjadi pondasi data kependudukan yang meliputi jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia.