IPeKB Kota Jambi Gelar Pertemuan Rutin Penyuluh Keluarga Berencana (PKB)

Jambi – BKKBN Online: Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kota Jambi menggelar pertemuan rutin pada hari Rabu (18/09) di Balai Penyuluh KB Kecamatan Jambi Selatan. Pertemuan ini diadakan setiap bulan dan dihadiri oleh seluruh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dari berbagai kecamatan yang ada di Kota Jambi. Selain itu, pertemuan bulan ini juga dihadiri oleh 8 orang CPNS formasi PKB yang sedang magang di wilayah kerja Kota Jambi.

Pertemuan dibuka dengan kata sambutan dari Drs. Untung Raharjo selaku ketua IPeKB Provinsi Jambi. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pertemuan rutin antar PKB setiap bulannya ialah untuk membahas capaian kinerja PKB Kota Jambi selama satu bulan yang lalu serta untuk menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan yang ditemui selama berada di lapangan. ketua IPeKB Kota Jambi, Edy Syukri,S.H., memimpin pertemuan rutin tersebut dengan terlebih dahulu memperkenalkan para CPNS PKB kepada seluruh PKB Kota Jambi yang hadir dan dilanjutkan dengan laporan capaian kinerja serta identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh PKB dari setiap kecamatan di Kota Jambi.

Dalam pertemuan tersebut, dilaporkan bahwa pelaporan SIGA terbaik di Provinsi Jambi diraih oleh Kota Jambi dan Merangin. Akan tetapi, Kota Jambi masih memiliki kekurangan dalam pelaporan PIK-R nya. Selain itu, di beberapa kecamatan yang ada di Kota Jambi, capaian peserta KB baru masih kurang dari 50 %. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, misalnya terkait kepesertaan BPJS. Banyak calon akseptor yang kebutuhannya tidak terpenuhi, terutama implant dan IUD dikarenakan tidak adanya BPJS. Peserta yang tidak ada BPJS juga bisa tetap mendapatkan pelayanan tetapi masuk dalam kepesertaan KB mandiri. Peserta KB mandiri, misalnya membeli pil KB sendiri, biasanya tidak tercatat / terdata di SIGA. (aa)