BKKBN Provinsi Jambi Gelar Hari Kontrasepsi Sedunia

JAMBI – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menggelar Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia. Kegiatan berlangsung di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Jumat (20/9). Rangkaian kegiatan yang digelar meliputi Senam Gemu Famire (Maumere), pelayanan KB dan pap smear gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, bazar pasar murah yang diikuti oleh Bulog, UPPKS, Bank Mega, Tupperware dan Wardah serta perlombaan yang diadakan untuk memeriahkan pelaksanaan Hari Kontrasepsi Sedunia.

Hari Kontrasepsi Sedunia ini dihadiri Gubernur Jambi yang diwakilkan Staf Ahli Gubernur Jambi, Kepala OPD KB Kota Jambi, Kepala OPD KB Muara Jambi, PKB PLKB Kota Jambi dan Muara Jambi serta mitra kerja BKKBN diantaranya Korem 042 Garuda Putih, Dinas Kesehatan, BPOM, BPS, UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Poltekkes, Genre dan Ketua PJK (Perkumpulan Juang Kencana).

Gubernur Jambi yang diwakilkan Staf Ahli Gubernur Jambi Drs. H. Ahmad Bastari, M.Pd dalam sambutannya memberi apresiasi kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dan semua pihak yang menyelenggarakan dan mendukung senam gemu famire ini, dimana senam ini merupakan bagian dari implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal ini sejalan dengan peraturan Gubernur Jambi No. 2 Tahun 2018 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi tentang Germas yang telah disampaikan ke seluruh Bupati dan Walikota se Provinsi Jambi, diharapkan partisipasi semua komponen masyarakat yang terkait agar dapat mensosialisasi dan mengkampanyekan germas termasuk agenda senam maumere yang dilaksanakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi ini.

“Melalui kegiatan senam ini dijadikan wahana untuk memperkuat komitmen dan semangat kita dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sebagai upaya mewujudkan masyarakat jambi yang sehat jasmani dan rohani guna mendukung visi Jambi Tuntas 2021 yaitu Jambi yang tertib, unggul, nyaman, tangguh, adil dan sejahtera. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi beserta staf, saya juga menaruh harapan besar terkait dukungan kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, penataan dan persebaran mobilitas penduduk, penataan administrasi kependudukan serta yang paling penting BKKBN juga ikut membantu pencegahan dan penanggulangan stunting”, kata Drs. H. Ahmad Bastari, M.Pd.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi yang diwakilkan oleh Kabid Advokasi Penggerakan dan Informasi Yuslidar, SP mengatakan tujuan pelaksanaan Hari Kontrasepsi Sedunia dilakukan dalam rangka meningkatkan koordinasi sinergitas dan integrasi program KKBPK kepada semua Pemda Provinsi Jambi dan instansi terkait sebagai mitra kerja BKKBN dalam rangka pelaksanaan program KKBPK.