Sosialisasi Aplikasi MONIKA, Pemetaan Kompetensi Bidan Provinsi Jambi

Jambi – Sungai Penuh, 10 September 2019, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan OPDKB Se Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pemetaan Kompetensi CTU (MONIKA / Monitoring Berkualitas) di provinsi jambi dengan mengunjungi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Kerinci pukul 07.30 WIB.


Sebelum melaksanakan kegiatan, tim perwakilan BKKBN Provinsi Jambi berdiskusi terlebih dahulu dengan Kepala DPPKB Kota Sungai Penuh, membahas tentang pemetaan wilayah tugas bidan desa, penerapan aplikasi MONIKA, hingga ke masalah pengendalian penduduk yang dikaitkan dengan pertanian dan ketahanan pangan. Kegiatan yang dilaksanakan dua hari, 10 dan 11 September 201 ini diikuti oleh sejumlah bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia yang bertugas di Kabupaten Kerinci (10/9) dan Kota Sungai Penuh (11/9).

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sejumlah bidan yang telah mengikuti pelatihan CTU IUD dan Implant pada Tahun 2013 hingga 2016. Tersedianya tenaga bidan dan dokter yang kompeten dan tersertifikasi melalui Aplikasi Pemetaan CTU (MONIKA) akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk ikut serta dalam penggunaan alat kontrasepsi IUD dan Implant. Penggunaan aplikasi ini sangat user-friendly, peserta tidak harus menggunakan laptop/PC, tetanpi juga bisa menggunakan ponsel untuk mengakses website https://monikabkkbn.org

Peserta memperhatikan narasumber yang memaparkan Standar Operasional Prosedur (SOP) MONIKA. Setelah itu peserta dapat langsung mempraktikkan penggunaan aplikasi MONIKA dengan mengisi data dan mengaktivasi akun sebagai langkah awal, dan dilanjutkan dengan mengunggah dokumen sertifikat pelatihan serta sertifikat pelayanan IUD dan implant. Administrator dan Verifikator Provinsi akan mengecek kesesuaian dokumen dan memvalidasi data yang diunggah peserta. Peserta yang telah menyelesaikan proses unggah dokumen akan dipertimbangkan untuk mendapatkan sertifikat Kompetensi CTU. (Latbang)