VIRTUAL EXPO UPPKA JADI SOLUSI PROMOSI DI ERA PANDEMI

Pandemi Covid-19 berdampak di berbagai lini kehidupan. Selain masalah kesehatan, pandemi Covid 19 juga berdampak pada sektor ekonomi khususnya pelaku UMKM. Sama halnya seperti usaha mikro lainnya, usaha Kelompok UPPKA juga banyak yang terkena dampak wabah Covid-19 yang melanda seluruh wilayah Indonesia. Berangkat dari adanya pandemi Covid-19 sekaligus dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, BKKBN bekerjasama dengan Badan Pengurus Pusat Perkumpulan Andalan Kelompok UPPKS (BPP AKU) menyelenggarakan Virtual Expo UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Aseptor) pada tanggal 21 – 23 Juni 2021.

“Virtual Expo UPPKA yang dilaksanakan, diharapkan dapat menjadi media efektif dalam mempromosikan dan meningkatkan penjualan hasil produksi kelompok UPPKA. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan kelompok UPPKA untuk tetap berproduksi dan bisa bersaing dengan UMKM lainnya secara berkesinambungan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat” Ujar Plt Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M.Si saat membuka Virtual Expo UPPKA dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Ke 28 Tahun 2021 melalui Zoom virtual meeting (21/06).

Adapun rangkaian kegiatan Virtual Expo UPPKA adalah Talkshow dan Workshop Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Pameran Virtual produk kelompok UPPKA, dan live selling produk kelompok UPPKA. Acara ini dilaksanakan melalui zoom meeting dan disiarkan langsung melalui channel youtube dan facebook Rumah Baca PKB/PLKB. Menurut Ramadani J, Sub Koordinator Bidang Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik pameran virtual maupun kegiatan live selling produk UPPKA. “BKKBN Jambi juga turut berpartisipasi dalam live selling dengan mengikutsertakan 3 kelompok UPPKA yaitu Kelompok UPPKA Kuncup Melati Kec. Bajubang Kabupaten Batanghari, Kelompok UPPKA Bina Benur Muda Kecamatan Jelutung Kota Jambi, dan Kelompok UPPKA Mutiara Indah Bersama Kecamatan Pelayangan Kota Jambi”, Ujar Ramadani. “Alhamdulillah kelompok bersemangat mengikuti dan produk yang dijual diminati baik yang membeli langsung di Kantor BKKBN Jambi, maupun pemesanan secara online bahkan ada pemesan dari Jakarta” Lanjut Dani. (rmd).