DESA TELUK KULBI SIAPKAN PRODUK UNGGULAN KABUPATEN TANJAB BARAT

Tanjung Jabung Barat, 15/01/2021. Bertempat di Rumah Data Desa Teluk Kulbi Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis, 15 April 2021, sebanyak 20 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua BPD, Anggota Kelompok UPPKA, Pokja Kampung KB, Tim Penggerak PKK Desa, mengikuti kegiatan pembinaan dan orientasi pembelajaran usaha ekonomi keluarga. Kegiatan ini dimaksudkan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berada di Kampung KB Desa Teluk Kulbi tentang Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dan memberikan informasi pembelajaran usaha bagi keluarga akseptor KB. Selain itu juga untuk melakukan monitoring dan evaluasi tindak lanjut dari kegiatan orientasi pembelajaran usaha yang telah dilaksanakan pada bulan Maret yang lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Dra. Sri Banun Saragih yang mewakili tim Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi menyampaikan tentang materi tentang Proyek Prioritas Nasional (Pro PN) Pemberdayaan Ekonomi Keluarga di Kampung KB Percontohan. Sri menyampaikan bahwa perlu dukungan pemerintah desa salah satunya melalui penggunaan Dana Desa dalam mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi keluarga kelompok UPPKA di kampung KB Percontohan.  “Dukungan yang diberikan tidak harus semua berasal dari dana Desa tetapi juga bisa melibatkan dinas/instansi lain atau melibatkan perusahan BUMN/swasta melalui pemanfaatan dana CSR perusahaan”, lanjut Sri.  Sri juga menekankan masyarakat desa Teluk Kulbi dapat memanfaatkan buah kulbi yang ada disekitar wilayahnya untuk dijadikan sebagai produk unggulan. Pengembangan produk juga dapat melibatkan instansi lain seperti Dinas Pertanian dan Dinas Perindagkop Kab. Tanjab Barat.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Kulbi, Yuswaji, dalam sambutannya menyampaikan permasalahan utama yang dihadapi kelompok UPPKA dalam usahanya antara lain permodalan, peralatan usaha dan perizinan produk yang belum ada. Oleh karena itu, pihak desa berterima kasih atas bantuan ATTG yang telah diberikan oleh BKKBN Provinsi Jambi beberapa waktu yang lalu dan berharap dapat meningkatkan semangat anggota kelompok UPPKA Lestari II yang ada di Desa Teluk Kulbi. “Alhamdulillah, tahun ini desa Teluk Kulbi dipercaya untuk mewakili kecamatan Betara untuk melakukan ekspose desa di tingkat Kabupaten Tanjab Barat”, pungkas Yuswaji.  “Bersama DP3AP2KB Kabupaten Tanjab Barat, PKB dan masyarakat desa, pemerintah desa siap mengembangkan produk lokal yang ada di wilayah Kabupaten Tanjab Barat khususnya diseputaran Desa Teluk Kulbi Kecamatan Betara  untuk menambah ekonomi keluarga”, Tegas Yuswaji. (rmd).