Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Hadiri Penyerahan Bantuan Peralatan Usaha di Danau Embat

Batanghari – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim, S.Kp, M.PH, hadiri penyerahan bantuan peralatan usaha untuk kelompok UPPKA yang digelar di Balai Desa Danau Embat Kecamatan Marosebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Rabu (24/03/2021).

Penyerahan peralatan usaha dilakukan Munawar didampingi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPA) Kabupaten Batanghari kepada kelompok UPPKA Anggrek melalui Kepala Desa Danau Embat, Mansur. Dalam kesempatan tersebut Kelompok UPPKA Anggrek Desa Danau Embat menerima bantuan ATTG berupa Oven Gas dan Mesin Perajang. Dalam sambutannya, Munawar menekankan masyarakat Desa Danau Embat harus berbeda dengan desa-desa lainnya dan mampu menjadi percontohan bagi kampung KB lainnya di Batanghari. Dalam upaya tersebut, kelompok UPPKA Desa Danau Embat harus terus memberikan karyanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi keluarga bagi akseptor KB di Kampung KB Percontohan, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga sehingga kampung KB Desa Danau Embat berbeda dengan desa-desa lainnya dan benar-benar menjadi percontohan bagi kampung KB lainnya di Batanghari. “Kelompok UPPKA Desa Sungai Embat juga harus memiliki produk yang bisa diunggulkan sehingga menjadi ciri khas oleh-oleh dari Kabupaten Batanghari,” pesan Munawar.

Pada kesempatan tersebut, perangkat Desa, Pokja Kampung KB, PKB/PLKB dan anggota Kelompok UPPKA Desa Danau Embat mendapatkan materi pengembangan kewirausahaan dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kabupaten Batanghari yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan UKM, Zamzami, SE, MM. Mengawali materinya, Zamzami memotivasi masyarakat untuk jangan segan dalam memulai usaha karena orang-orang sukses membangun usaha dimulai dari usaha kecil terlebih dulu. Selain itu dijelaskan juga bahwa untuk proses pengurusan P-IRT bisa dilakukan secara kolektif ke Disperindagkop Kabupaten Batanghari. “Kami dari Disperindag siap membantu memfasilitasi bagi pelaku usaha yang akan mengurus izin usaha ke Dinas Kesehatan dan selanjutnya diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu” Ujarnya.  (rmd).