Forum GenRe Jambi : Bergerak Bersama Kita Bisa.

Salah satu bentuk partisipasi aktif remaja dalam Program Generasi Berencana (Genre) adalah dengan menjadi Pengurus Forum GenRe baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota. Sebagai aktor utama dalam program tersebut, maka remaja harus melakukan berbagai peran dalam hal: berbagi informasi, melakukan konseling/ konsultasi/ curhat, melakukan kegiatan yang kreatif dan inovatif, serta melakukan rujukan.

Di Provinsi Jambi saat ini anggota Forum GenRe adalah  Duta GenRe Jambi dari lintas angkatan mulai dari angkatan 2017 hingga tahun 2019, yang dijadikan sebagai wadah untuk dapat meningkatkan kreativitas, dan intelektual remaja Provinsi Jambi, serta menjadi pusat advokasi, komunikasi dan informasi dalam peningkatan program ketahanan remaja. Sebagai organisasi yang bernaung di bawah lembaga Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, maka Forum Genre Jambi berkewajiban menyampaikan evaluasi program kerja selama tahun 2020 dan menyampaikan rencana aksi yang akan dilakukan pada tahun 2021.

Hari ini, Kamis (21/1) dalam pertemuan yang dihadiri oleh seluruh pengurus inti dari Forum GenRe Jambi turut mengundang pengelola Bidang Keluarga Sejatera/Pemberdayaan Keluarga (KS/PK). Pertemuan dibuka secara langsung oleh Koordinator Bidang KS/PK, Dra. Sri Banun Saragih. “Rapat ini diharapkan dapat menjadi bagian perencanaan yang baik dalam melaksanakan agenda kegiatan pada tahun 2021 ini.  Evaluasi kegiatan tahun lalu (2020) dapat menjadi acuan perbaikan sehingga tahun ini semua kegiatan akan terlaksana dengan baik dan lebih sukses lagi” harap wanita yang akrab disapa Bunda GenRe.

Pertemuan diawali dengan pemaparan evaluasi program kerja tahun 2020 oleh Lia Mardianah, S.Tr.Keb., selaku Wakil Ketua Forum. Dalam penjelasannya Lia menyampaikan bahwa yang menjadi salah satu kelemahan dalam pengelolaan program forum yakni beberapa anggota pengurus yang sudah memiliki rutinitas yang menyita waktu sehingga kurang berperan aktif dalam kegiatan. “Namun hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang berlarut dikarenakan kita memiliki akses komunikasi, konfirmasi dan saling memahami peran masing-masing” klarifikasi Wakil Duta I Tahun 2019 ini.

Rencana aksi tahun 2021 disampaikan langsung dari empat divisi Kepala Departemen, yaitu Departemen Pengembangan dan Keanggotaan, Departemen Program dan Kreatif, Departemen Dana dan Usaha, dan Departemen Media dan Komunikasi. Bukan hanya itu saja masing-masing departemen, juga menyampaikan rancangan program inovatif yang belum terlaksana pada tahun sebelumnya.

Harapan besar pada tahun 2021 menjadi  resolusi bagi Forum Genre Jambi untuk Gerak Bersama Kita Bisa agar menjadi generasi berencana yang responsif dan tanggap terhadap situasi darurat pandemi covid-19 dan peduli kepada masyarakat. (adh).