Desa Bengkolan Dua Siap Menjadi Kampung KB Percontohan di Kerinci

Kerinci, 27 November 2020. Sebanyak 30 orang Kader Kelompok Kegiatan (Poktan), Pokja Kampung KB, PLKB dan Perangkat Desa  Bengkolan Dua, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci mendapatkan pembinaan dari  Tim Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi. Kegiatan ini dimaksudkan memberikan pemahaman dan  pengetahuan kepada Kader Poktan BKB, BKR, BKL, PIK Remaja dan UPPKS di Kampung KB Desa Bengkolan Dua tentang operasional kegiatan, materi penyuluhan dan pembukuan kelompok. Selain itu juga dilakukan advokasi kepada aparat pemerintah desa terhadap pengelolaan dan pemanfaatan kelompok kegiatan serta dukungan anggaran kegiatan untuk pertemuan dan sarana prasarana.

Dalam pertemuan tersebut, Novita Sari, S.Pd, MM yang mewakili tim Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi menyampaikan tentang materi tentang pembinaan kelompok BKB, BKR, PIK Remaja dan BKL baik dalam segi teknis materi penyuluhan maupun kelengkapan administrasi kelompok. Novita menyampaikan bahwa salah satu indikator keberhasilan dan penilaian di Kampung KB adalah jalannya pertemuan kelompok kegiatan. “Dimohon juga kepada Kepala Desa untuk dapat memberikan dukungan operasional kegiatan poktan melalui Anggaran Dana Desa (ADD)”, lanjut Novita.  Selanjutnya disampaikan materi tentang Pengelolaan Keuangan Keluarga (Lokerga) dan Pengelolaan Kelompok UPPKS oleh Ramadani J, Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi. Hal yang penting dalam pengelolaan keluarga adalah komposisi pengeluaran keluarga yaitu pengeluaran rutin dan pribadi maksimal 60%, hutang maksimal 30% dan tabungan sebesar 10%.  Agar bisa menabung, sebaiknya sebagian tabungan yang direncanakan kita sisihkan dari awal.  Setelah itu, langsung menyisihkan penghasilan untuk cicilan hutang. Setelah tabungan dan cicilan hutang terpenuhi, barulah melakukan pengaturan pengeluaran keluarga (rutin) dan pengeluaran pribadi. Pengeluaran pribadi harusnya masuk dalam masuk dalam budget terakhir. Kalau tidak ada yang tersisa maka Pengeluaran pribadi harus dikurangi agar kebutuhan keluarga kita terpenuhi.

Kader Poktan yang hadir pada kesempatan tersebut siap terus melaksanakan kegiatan meski dalam masa pandemi covid 19, kegiatan dilaksanakan secara daring dan kunjungan dari rumah ke rumah. Pemerintah Desa juga mendukung kegiatan di Kampung KB, diantaranya dengan membangun Rumah data 2 tingkat sekaligus sebagai tempat pertemuan poktan melalui ADD Desa Bengkolan Dua yang dalam proses pembangunan dan ditargetkan selesai tahun ini. Bersama kader dan PLKB, Pemerintah Desa siap mendukung Program Bangga Kencana di Kampung KB Desa Bengkolan Dua ini dan menjadi percontohan bagi kampung KB lainnya, Tegas Kepala Desa Bengkola II Kasto. (Rmd).