Gandeng BPKP, BKKBN Jambi Selenggarakan Evaluasi Pelaksanaan SPIP dan Penilaian Risiko

Jambi – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan penilaian risiko.

Kegiatan tersebut digelar di Ruang Kelas Latbang BKKBN Jambi, Selasa (14/7) dan dibuka langsung Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti secara virtual dari Jakarta. Hadir sebagai narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Jambi yakni Hermaji selaku Koordinator Pengawasan Kelompok JFA Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat I dan Auditor Madya, Syaiful Hendry. Kegiatana ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti saat pembukaan kegiatan, menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut dapat mencegah peluang terjadinya resiko yang dapat menghambat pencapaian program Banggakencana, sehingga diharapkan peserta dapat mengikuti secara serius kegiatan itu dalam rangka mendukung reformasi birokrasi pemerintah.

“Kegiatan ini sebuah proses yg harus dilaksanakan secara terus menerus untuk mencapai tujuan organisasi khususnya BKKBN,” kata Mukhtar.

Sementara narasumber dalam kegiatan tersebut salah satunya menjelaskan bahwa SPIP merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sedangkan penilaian risiko menurut nara sumber membutuhkan kepemimpinan mulai dari para pemimpin di pemerintahan. Adapun faktor-faktor eksternal yang mendorong pemerintah memperbaiki kapasitas dan kemampuan menangani risiko yaitu meningkatnya harapan publik terhadap tingkat akuntabilitas dan pelayanan publik oleh pemerintah. (hill)