Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Hadiri Undangan “Ngopi Bae Yuk” BPKP Provinsi Jambi

Jambi- Senin (16/3), Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi menghadiri undangan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam pertemuan bertajuk “Ngopi Bae Yuk, Inspirasi dari pelosok Jambi” yang bertempat di Library Cafe BPKP. Kegiatan diawali dengan sarapan bersama, dengan format acara informal dan bincang santai melalui sharing session yang dihadiri oleh pimpinan dari berbagai instansi vertikal di Provinsi Jambi.

Acara dibuka oleh Kepala BPKP, Bapak Rudy M. Harahap yang menyampaikan perkembangan dan pembangunan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba yang ada di Provinsi Jambi dari segi pendidikan, ekonomi, khususnya dalam pengelolaan keuangan dan pendapatan. Paparan berikutnya merupakan hasil kunjungan volunteer 1000 guru yang mengajar dan mengunjungi Suku Anak Dalam di Kabupaten Muaro Jambi, Kecamatan Sungai Bahar.

Dilanjutkan dengan penjelasan dari Datuk Irman Gusmanti dari LSM Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Provinsi Jambi. Menurut beliau, Suku Anak Dalam sekarang sudah terbagi-bagi menjadi berbagai kategori, sehingga sudah banyak perkembangan dan pembangunan di Suku Anak Dalam, bahkan sudah ada yang maju dan mandiri dan terbentuk dalam desa – desa. Beliau mengatakan perlu adanya  Pemetaan wilayah adat Orang Rimba untuk menentukan dan melindungi ruang hidup (lokasi jelajah, tempat tinggal, lokasi melangun, sumber-sumber pangan dan obat-obatan lokal), melakukan penelitian sosial, budaya dan potensi wilayah untuk mengembangkan sumber mata pencaharian yang berbasis pada potensi wilayah adat dan budaya Orang Rimba.  Acara ditutup dengan foto bersama seluruh Kepala Perwakilan Instansi Vertikal Provinsi Jambi. (sdv)