Orientasi PKB/PLKB PNS dan NON PNS, KOTA JAMBI SIAP SUKSESKAN PK2020

Kota Jambi, 18 Maret 2020 sebanyak kurang lebih 60 orang PKB/PLKB di Kota Jambi mengikuti kegiatan Orientasi Pencatatan dan Pelaporan Pendataan Keluarga 2020 (PK2020). Bertempat di aula Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Jambi, Komplek Perkantoran walikota Jambi, Kota Baru kegiatan ini dibuka oleh Kabid Pengendalian Penduduk, Drs. Misman, MKM. Kegiatan ini sebagai wujud dukungan OPDKB Kota Jambi kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dalam Pelaksanaan PK2020.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini Kasubbid Data dan Informasi Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Rossi Yanne, S.Psi, MA. Rossi menjelaskan proses pelaksanaan Pendataan Keluarga 2020 dan siapa saja aktor dalam pelaksanaan PK2020 ini. Dijelaskan bahwa, pada pelaksanaan PK tahun ini peran Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) sangat besar. PKB/PLKB yang ada di lapangan akan bertindak sebagai Manager Pengelolaan, Manager Data, dan juga Supervisor. Seperti yang dijelaskan oleh Rossi dalam materinya, bahwa untuk menjadi manager ataupun supervisor seorang PLKB tidak harus berstatus PNS. Akan tetapi memiliki kemampuan yang mumpuni di beberapa kriteria misalnya, harus memahami Informasi Teknologi (IT), memiliki kemampuan managerial, mampu berkomunikasi dengan baik, dan pernah terlibat dalam pelaksanaan PK2015.

Pendataan Keluarga tahun 2020 cukup berbeda pelaksanaannya dibandingkan dengan PK2015. Seperti halnya dalam pengumpulan data, tahun ini dilakukan dengan dua metoda pengumpulan yaitu dengan basis smartphone sebanyak 60 persen dari target KK dan berbasis formulir sebanyak 40 persen dari target KK. Hal ini lah yang menjadi tuntutan serius bagi setiap aktor di lapangan dalam pelaksanaan PK2020 karena dibutuhkan pemahaman IT. Selain manager dan supervisor, aktor utama dalam pendataan keluarga adalah kader pendata, karena mereka yg mengunjungi langsung keluarga yang akan didata. Maka dari itu, kader pendata yg dipilih harus benar-benar kader yang memahami IT dengan baik.

PKB/PLKB yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias, hal ini terlihat dari respon yang diberikan kepada narasumber dalam bertanya mengenai tahapan-tahapan apa yang harus mereka lakukan dalam mendukung PK2020 ini. Mereka berharap Pk2020 ini bisa lebih baik dari yang sebelumnya dan bisa menghasilkan data yang memiliki validitas tinggi untuk wilayah kerja mereka masing-masing. (ry)