Kurangi Plastik, BKKBN Bagikan Tumbler pada Peserta Pelatihan

Jakarta, 1 Maret 2020. BKKBN melakukan kegiatan Training of Trainer (TOT) PK2020 di Balai Pusdiklat KKB Jl. Permata No.1, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Sebanyak 72 orang peserta dari seluruh Indonesia berkumpul dan mengikuti kegiatan ini sebagai bagian dari upaya persiapan pelaksanaan PK2020. Peserta TOT ini terdiri dari unsur Widyaiswara, Balatbang, dan Sub Bidang Data dan Informasi di seluruh Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan ini, sebagai upaya mengurangi sampah plastik Pusdiklat BKKBN memberikan tumbler air minum kepada peserta agar dapat digunakan sebagai wadah penyimpan air minum selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 1 – 7 Maret 2020. Tujuannya adalah sebagai upaya persiaan pelaksanaan PK2020. Sebagaimana telah dijadwalkan, PK2020 akan dilakukan serentak diseluruh Indonesia pada tanggal 1-30 Juni 2020. Pendataan Keluarga ini sangat penting, karena akan didapatkan angka Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) Indonesia yang mana belum pernah dilakukan oleh negara manapun didunia. Jadi, baru Indonesia yang melakukannya. Sebagaimana tagline dari Pendataan Keluarga 2020 ini, “Pendataan, awal Perencanaan Keluarga” diharapkan melalui PK2020 ini, Indonesia bisa membuat kebijakan-kebijakan yang jauh lebih baik demi kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan pelaksanaan TOT PK2020, untuk mengurangi sampah plastik Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi juga memberikan tumbler air kepada peserta Orientasi SIGA agar dapat dimanfaatkan sebagai wadah air minum. Tujuannya untuk mendorong ASN Perwakilan BKKBN dan juga mitra untuk bisa hidup sehat dan mengurangi sampah plastik dari air minum kemasan. (ry)