BKKBN Sediakan Data Mikro Program Banggakencana Melalui Sistem Informasi Keluarga (SIGA)

Jambi – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jambi melakukan Orientasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) bagi pengelola data tingkat kabupaten/ kota tahun 2020, acara yang digelar di hotel Shang Ratu padaKamis (27/2) pagi ini diikuti oleh 49 orang peserta yang berasal dari 11 Kabupaten kota se-Provinsi Jambi. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kabid ADPIN Yuslidar, S.P.

Dalam sambutannya, Yuslidar menyampaikan bahwa kegiatan Orientasi SIGA ini sangat penting dan strategis, apalagi mengingat pada ini tahun 2020 BKKBN kembali melakukan kegiatan Pendataan Keluarga (PK). “Aplikasi SIGA ini akan terintegrasi dengan aplikasi pendataan keluarga,” ujarnya.

Kegiatan orientasi diisi materi tentang evaluasi pelaksanaan SIGA selama tahun 2019, dimana Provinsi Jambi, menjadi satu- satunya provinsi yang sudah menerapkan sistem pencatatan dan pelaporan 100% melalui SIGA. Materi berikutnya tentang penjelasan bagaimana memasukkan segala bentuk laporan dan data ke aplikasi SIGA. Data itu meliputi pelayanan KB, kehadiran keluarga di kelompok kegiatan, data PLKB, data kelompok kegiatan, data faskes yang sudah memberikan pelayanan KB dan data pendukung lainnya.

“Diharapkan ke depan semua lini yang jadi ujung tombak BKKBN tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan laporan kegiatan. Data harus valid, representatif dan dapat dipertanggungjawabkan, apalagi data itu sudah menggunakan prinsip by name by address”, Ujarnya.

Yuslidar juga menambahkan bahwa mengingat peserta orientasi sangat terbatas maka diharapkan peserta dapat menyampaikan atau berbagi ilmu kepada rekan-rekan yang belum berkesempatan ikut orientasi ini. (hill)