BKKBN JAMBI GALAKKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI 8 (DELAPAN) FUNGSI KELUARGA

Jambi – Rabu, (5/2), Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi menggelar Focus Group Discussion (FGD) Keterpaduan Pelaksanaan Program Bina Keluarga Balita (BKB) dengan Mitra Kerja dalam rangka pembentukan karakter anak sejak dini, bertempat di Hotel Shang Ratu, Kota Jambi. Kegiatan ini diikuti oleh mitra kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi antara lain Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3A2) Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi, Aisyiyah Muhammadiyah dan Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) serta jajaran staf Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi.
Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, yang diwakili oleh Kepala Bidang KSPK, Dra. Sri Banun Saragih mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun komitmen dan sinergitas bersama antara BKKBN dan Mitra Kerja dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya anak usia dini di Provinsi Jambi dengan memberikan peningkatan pemahaman kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya tentang pengasuhan dan pemantauan tumbuh kembang anak. Ditambahkannya, Hasil penelitian Survey Kinerja Akuntabilitas Program (SKAP) KKBPK Tahun 2019 menunjukkan ketidaktahuan masyarakat terhadap 8 (delapan) Fungsi keluarga menyebabkan lemahnya pengasuhan dan tumbuh kembang anak dalam keluarga. Oleh karena itu BKKBN bersama mitra kerja sepakat untuk menggalakkan pendidikan karakter untuk anak usia dini mulai dari dalam keluarga melalui 8 (delapan) fungsi keluarga yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pelestarian lingkungan.


Sementara itu, Kasubbid BKB dan Anak, Novita Sari, S.Pd, MM, mengatakan diharapkan setiap pertemuan POSYANDU, PAUD, dan layanan dasar anak usia dini lainnya, kader dapat menyampaikan 13 (tiga belas) materi inti pengasuhan dan pemantauan tumbuh kembang anak usia dini yang meliputi:
a) Perencanaan hidup berkeluarga dan harapan orang tua terhadap masa depan anak.
b) Memahami konsep diri yang positif dan konsep pengasuhan
c) Peran orang tua dan keterlibatan ayah dalam pengasuhan
d) Menjaga kesehatan anak usia dini
e) Pemenuhan Gizi anak usia dini
f) Pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia dini
g) Stimulasi rangsangan perkembangan gerakan kasar dan gerakan halus
h) Stimulasi (Rangsangan) Perkembangan Komunikasi Aktif, Komunikasi Pasif dan kecerdasan
i) Stimulasi (Rangsangan) perkembangan kemampuan menolong diri sendiri dan tingkah laku sosial
j) Pengenalan kesehatan reproduksi pada anak usia dini
k) Perlindungan anak
l) Menjaga anak dari pengaruh media
m) Pembentukan Karakter anak usia dini

Diakhir acara dilakukan penandatangan kesepakatan bersama draft surat edaran Gubernur Jambi tentang penyampaian materi BKB holistik integratif dalam kegiatan Posyandu, PAUD, dan layanan dasar anak usia dini lainnya antara Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dan Mitra Kerja yang hadir. (rmd)